Peer Review Profil Klt-Bioautografi dan Densitometri Fraksi Teraktif (Isolat KP13) dari Bakteri Rizosfer Kayu Putih (Melaleuca leucadendron L.)

Syarifuddin, Alfian and Sulistyani, Nanik and Kintoko, Kintoko (2019) Peer Review Profil Klt-Bioautografi dan Densitometri Fraksi Teraktif (Isolat KP13) dari Bakteri Rizosfer Kayu Putih (Melaleuca leucadendron L.). Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Peer Review] Image (Peer Review)
Profil KLT-Bioautografi dan Densitometri Fraksi Teraktif_20210105_0001.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Angka kejadian infeksi yang disebabkan oleh bakteri khususnya di Indonesia masih tinggi. Pengobatan infeksi dengan menggunakan antibiotik terkendala dengan kasus resistensi terhadap antibiotik sehingga perlu dilakuan eksplorasi mikroorganisme-mikroorganisme yang dapat menghasilkan antibiotik. Antibiotik yang dihasilkan oleh isolat bakteri KP13 berpotensisebagai antibiotik terhadap Escherichia coli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil KLT-Bioautografi menggunakan fase gerak Kloroform:Etilasetat:Metanol (4:1:0,5) dan analisis Densitometri fraksi teraktif dari isolat bakteri KP13 yang berpotensi sebagai antibiotik terhadap bakteri Escherichia coli serta mengetahui senyawa yang bertanggung jawab dalam aktivitas penghambatan terhadap bakteri tersebut. Senyawa aktif dianalisis menggunakan GC-MS. Hasil penelitian menunjukkan bercak aktif pada saat KLT-Biaoautografi dengan nilai Rf0,77. Senyawa yang diduga bertanggung jawab terhadap aktifitas antibiotk yang terdeteksi alat GC-MS pada nilai Rf 0,77 mempunyai kelimpahan yang tinggi, yaitu senyawa cycloheptatriene sebesar 89% dan tetrahydrophyran sebesar 74%.

Item Type: Other
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QR Microbiology
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisi / Prodi: Faculty of Pharmacy (Fakultas Farmasi) > Program of Professional Pharmacist
Depositing User: Dr Nanik Sulistyani
Date Deposited: 16 Jan 2021 22:18
Last Modified: 16 Jan 2021 22:18
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21981

Actions (login required)

View Item View Item