PERAN GURU DALAM PROSES KREATIF BATIK TULIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Probosiwi, Probosiwi and Aulia Dewi, Nurul (2020) PERAN GURU DALAM PROSES KREATIF BATIK TULIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. [Artikel Dosen]

[thumbnail of 2020_Review_PERAN GURU DALAM PROSES KREATIF BATIK TULIS.pdf] Text
2020_Review_PERAN GURU DALAM PROSES KREATIF BATIK TULIS.pdf

Download (693kB)

Abstract

Tujuan artikel ini untuk mendeskripsikan proses kreativitas peserta didik, peran guru dalam mengembangkan kreativitas peserta didik, serta menjelaskan faktor pendukung dan
penghambat dalam mengembangkan kreativitas peserta didik pada mata pelajaran muatan lokal batik tulis di SD Muhammadiyah Bantul Kota. Metode kualitatif digunakan dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan
telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses kreativitas peserta didik dalam membuat karya batik tulis berlangsung dengan baik, yakni dari aspek individu, dorongan, keahlian berpikir kritis, dan kreativitas berwujud. Guru menjalankan perannya dengan baik, yakni sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator, fasilitator, dan evaluator.
Kata kunci: peran guru; kreativitas; muatan lokal batik tulis

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: M.Sn. Probosiwi Probosiwi
Date Deposited: 12 Jun 2021 03:04
Last Modified: 12 Jun 2021 03:04
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/24725

Actions (login required)

View Item View Item