LAPORAN AKHIR KEGIATAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MENGAJAR “SD NEGERI KARANGANYAR 04”

Faozan, Atiqoh Ramdhaniyah Faozan (2021) LAPORAN AKHIR KEGIATAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MENGAJAR “SD NEGERI KARANGANYAR 04”. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_REGULER_84_III.A.1_ATIQOH RAMDHANIYAH FAOZAN.pdf] Text
JUDUL_REGULER_84_III.A.1_ATIQOH RAMDHANIYAH FAOZAN.pdf

Download (867kB)
[thumbnail of ISI_REGULER_84_III.A.1_ATIQOH RAMDHANIYAH FAOZAN.pdf] Text
ISI_REGULER_84_III.A.1_ATIQOH RAMDHANIYAH FAOZAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu cerminan dan pondasi dari sebuah bangsa, jika pendidikannya baik maka berkualitaslah generasi penerusnya, namun jika pendidikannya buruk maka bobroklah negaranya. Menurut UU No. 20 tahun 2003. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara, sedangkan perkembangan pendidikan Indonesia masih tertinggal bila dibandingkan dengan negara-negara berkembang lainnya. Pendidikan di Indonesia merupakan permasalahan yang serius hal ini dikarenakan banyaknya daerah-daerah dan pulau-pulau yang kurang terpantau oleh pemerintah kita, sehingga terjadi ketidakseimbangan dari pendidikan yang berada di kota dan daerah yang kurang terpantau atau yang lebih sering dikatakan sebagai daerah tertinggal. Penetapan daerah tertinggal dilakukan berdasarkan usulan menteri dengan melibatkan kementerian/lembaga terkait dan pemerintah daerah. Untuk itu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud) resmi meluncurkan program Kampus Mengajar, untuk membantu proses belajar siswa di Sekolah Dasar yang terhambat akibat berada di daerah tertinggal.
Kampus Mengajar merupakan program yang di adakan langsung oleh Kementrian Pendidikan Indonesia sebagai bentuk kepedulian Kementrian Pendidikan kepada Mahasiswa/i. kegiatan ini ditujukan untuk mahasiswa minimal semester 4 dengan IPK minimal 3,00. Mahasiswa/i akan di tempatkan di sekolah yang berada di wilayah 3T (Terdepan, Terpencil, Tertinggal). Program Kampus Mengajar di adakan sebagai jembatan untuk mahasiswa/i mengenal pendidikan di Indonesia. Selain itu program kampus mengajar juga membantu mahasiswa/i untuk mendapatkan relasi di luar kampus.
Kampus mengajar di adakan selama 3 bulan. Wilayah penempatan kegiatan di tentukan oleh panitia kampus mengajar. SDN Karanganyar 04 merupakan salah satu sekolah dasar yang menjadi tempat kegiatan tersebut di laksanakan. Selama 3 bulan peserta kegiatan kampus mengajar harus menyusun program – program yang akan di laksanakan di sekolah penempatan. Program tersebut tentunya sesuai dengan minat atau jurusan mahasiswa/i. adanya kampus mengajar ini membuat mahasiswa/i berkesempatan menjadi relawan dan membantu sekolah – sekolah yang masih tertinggal.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi)
Depositing User: Atiqoh Ramdhaniyah Faozan
Date Deposited: 07 Jul 2021 05:41
Last Modified: 07 Jul 2021 05:41
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/25526

Actions (login required)

View Item View Item