Program Pendampingan Literasi, Adaptasi Teknologi, Administrasi di SD Negeri Gedung Agung Kabupaten Lampung Selatan

Putri Ramadhani, Alifia (2021) Program Pendampingan Literasi, Adaptasi Teknologi, Administrasi di SD Negeri Gedung Agung Kabupaten Lampung Selatan. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_I.C.1_REGULER_84.pdf] Text
JUDUL_I.C.1_REGULER_84.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ISI LAPORAN KKN_I.C.1_REGULER_84.pdf] Text
ISI LAPORAN KKN_I.C.1_REGULER_84.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB) | Request a copy

Abstract

Kampus Mengajar merupakan sebuah program yang diadakan oleh
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai salah satu kebijakan dari Merdeka
Belajar Kampus Merdeka. Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan
kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di
luar kelas perkuliahan. Program Kampus mengajar ini ditujukkan untuk membantu
Sekolah Dasar yang masih berakreditasi C dan terdapat di daerah 3 T (Terdepan,
terluar, dan Tertinggal) yang mengalami dampak Pandemi Covid-19. Rencana
kegiatan yang dilakukan yaitu untuk meningkatkan literasi dan Numerasi siswa,
adaptasi teknologi, membantu Administarasi sekolah dan guru, dan membantu uru
dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang Agama, Seni, dan Olahraga.
Kegiatan Kampus mengajar berlangsung kurang lebih selama 3 bulan. SD Negeri
Gedung Agung yang menjadi salah satu sekolah yang terdaftar masih berakreditasi C,
kegiatan pembelajarn selama Pandemi maish dilakukan secara Luring. sistem luring
yang diadakan saat pandemi yakni kelas 1 dan kelas 6 masuk di hari Senin, kelas 2
dan kelas 5 masuk di hari Selasa, kelas 3 dan kelas 4 masuk di hari Rabu. Kegiatan
tatap muka hanya dilakukan maksimal 60 menit, dengan siswa diberi tugas untuk
semiggu dan akan dikumpulkan lagi di peretemuan minggu depan. Kegiatan
pembelajarn tidak sepenuhnya dilakukan daring karena banyak hambatan dari segi
elektronik serta internet yang susah untuk dijangkau. Siswa diajarkan dengan metode
dan model yang menarik, membeljaran yang berbasis tenologi menggunakan LCD
Proyektor, pengenalan teknologi dengan mengarahkan siswa untuk mengoprasikan
laptop secara mandiri.
Kata Kunci: Kampus Mengajar, Pendidikan, Mengajar

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi)
Depositing User: Alifia Putri Ramadhani
Date Deposited: 07 Jul 2021 05:45
Last Modified: 07 Jul 2021 05:45
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/25630

Actions (login required)

View Item View Item