Kuliah Kerja Nyata Divisi III.B.2 Periode 84 Tahun 2021. Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan Satu SD N 128/II Pasir Putih, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi

Muhammad, Riski (2021) Kuliah Kerja Nyata Divisi III.B.2 Periode 84 Tahun 2021. Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan Satu SD N 128/II Pasir Putih, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_III.B.2_REGULER 84.pdf] Text
JUDUL_III.B.2_REGULER 84.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_III.B.2_REGULER 84.pdf] Text
ISI LAPORAN_III.B.2_REGULER 84.pdf

Download (2MB)

Abstract

Program Kampus Mengajar Angkatan Satu (KM) merupakan bagian dari kebijakan Merdeka-Belajar Kampus-Merdeka (MBKM) yang diinisiai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikub-ristek RI). Program ini bertujuan untuk membantu proses pembelajaran, adaptasi teknologi, dan administrasi di Sekolah Dasar (SD) yang termasuk kategori 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal) atau Sekolah Dasar yang memiliki akreditas C di seluruh Indonesia. Program ini dilaksanakan selama tiga bulan atau dimulai dari 22 Maret – 25 Juni 2021 di Sekolah Dasar yang terjaring. Penulis merupakan salah satu mahasiswa dari Universitas Ahmad Dahlan yang terpilih untuk mengikuti program Kampus Mengajar Angkatan Satu ini.
Pada Porgam Kampus Mengajar Angkatan Satu ini penulis ditempatkan di SD Negeri 128/II Pasir Putih, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Karena dalam pandemi Covid-19 pembelajaran di sekolah ini dilakukan dengan sistem blended learning dimana siswa akan bergantian datang ke sekolah atau menggunakan sistem shift. Seharusnya siswa yang berada di rumah mendapatkan pembelajaran jarak jauh tapi di sekolah ini tidak, dikarenakan rata-rata siswa tidak memiliki alat bantu untuk pembelajaran jarak jauh seperti gadget, laptop/komputer. Namun penulis bersama guru di sini mengajar dengan rasa tulus dan maksimal agar tujuan pembelajaran tercapai.
Selama kegiatan Kampus Mengajar ini penulis bersama rekan yang lainnya telah melaksanakan program-program dengan baik dan lancar. Harapan kedepannya, semoga program ini tetap dilanjutkan dan berjalan jauh lebih baik lagi dari yang sekarang.

Kata Kunci : Program KM, Sekolah Dasar, blended learning

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Muhammad Riski
Date Deposited: 13 Jul 2021 18:06
Last Modified: 13 Jul 2021 18:06
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/26365

Actions (login required)

View Item View Item