kuliah Kerja Nyata Kampus Mengajar Universitas Ahmad Dahlan Periode 84 Divisi III.C.1 Tahun Akadamik 2020/2021

Haryanto, Heri (2021) kuliah Kerja Nyata Kampus Mengajar Universitas Ahmad Dahlan Periode 84 Divisi III.C.1 Tahun Akadamik 2020/2021. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of Laporan Program Kampus Mengajar Angkatan 1_III.C.1_Reguler 84.pdf] Text
Laporan Program Kampus Mengajar Angkatan 1_III.C.1_Reguler 84.pdf

Download (753kB)
[thumbnail of Isi Laporan KKN KM_III.C.1_Reguler 84.pdf] Text
Isi Laporan KKN KM_III.C.1_Reguler 84.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Program Kampus Mengajar Angkatan 1 merupakan program yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dalam tingkat Pendidikan tinggi atau Universitas. Program ini merupakan cabang dari program Kampus Merdeka, dimana Kampus Mengajar adalah bentuk kegiatan pengabdian di Sekolah Dasar yang tertinggal atau yang akreditasnya masih dibawa rata-rata diseluruh penjuru Indonesia, salah satunya yaitu SD Maarif Eretan Kulon yang berada di Kabupaten Indramayu Ptovinsi Jawa Barat. Pada kegiatan ini mahasiswa dituntut untuk dapat membantu dan mendampingi guru dalam proses pembelajaran, membantu adaptasi teknologi dan membantu administrasi sekolah. Selain itu juga, mahasiswa dituntut untuk mampu beradaptasi dan bersosialisasi dengan pihak sekolah dan siswa di sekolah tersebut dengan baik dan membangun minat siswa untuk tetap terus belajar ditengah pandemi ini.
Hasil dari program ini yaitu sebagai bentuk penanaman rasa empati dan kepekaan sosial pada diri mahasiswa terhadap permasalahan dilingkungan masyarakat yang ada di lingkungan sekitarnya, mengasah kemampuan berpikir mahasiswa dalam menyelesaikan masalah bersama-sama serta bekerjasama dengan mahasiswa lainnya yang berasal dari bidang ilmu dan universitas yang berbeda-beda, mahasiswa mampu membantu dan mendampingi guru dalam proses pembelajaran, membantu adaptasi teknologi, membantu administrasi sekolah serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan sosial.
Kata Kunci : Kampus Mengajar Angkatan 1, Kampus Merdeka, Pengabdian.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Heri Haryanto
Date Deposited: 14 Jul 2021 10:22
Last Modified: 14 Jul 2021 10:22
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/26368

Actions (login required)

View Item View Item