Kuliah Kerja Nyata Universitas Ahmad Dahlan Periode 84 Divisi I.D.3 Tahun 2021 Program Kampus Mengajar Angkatan I Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Pasca Pandemi di SDN 6 Nisam Melalui Program Kampus Mengajar

Audyana, Ade (2021) Kuliah Kerja Nyata Universitas Ahmad Dahlan Periode 84 Divisi I.D.3 Tahun 2021 Program Kampus Mengajar Angkatan I Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Pasca Pandemi di SDN 6 Nisam Melalui Program Kampus Mengajar. [Laporan KKN] (Submitted)

[thumbnail of JUDUL_I.D.3_REG KKN 84.pdf] Text
JUDUL_I.D.3_REG KKN 84.pdf

Download (457kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_I.D.3_REG KKN 84.pdf] Text
ISI LAPORAN_I.D.3_REG KKN 84.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Program Penilaian Pelajar Internasional atau Programme for International Student Assessment (PISA) memaparkan bahwa anak Indonesia kelompok umur 15 tahun masih berada di peringkat 73 dunia dalam hal literasi. Indeks PISA untuk tiga komponen literasi yaitu numerasi, sains, dan matematika itu di 2018 dengan populasi PISA ada 79 negara. Indonesia memperoleh skor 371 yaitu berada diurutan 73 untuk kompetensi membaca. Hal ini artinya Indonesia ada di peringkat enam dari bawah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi di daerah 3T salah satunya di SDN 6 Nisam. Tempat penelitian berada di Aceh Kabupaten Aceh Utara, Kecamatan Nisam, Desa Paloh Kayee Kunyet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa membutuhkan inovasi pembelajaran yang tidak monoton dan berfokus pada buku sehingga guru harus bisa beradaptasi dengan perkembangan dan menguasai teknologi untuk media pembelajaran. Pada umumnya guru pamong sudah menyadari bahwa jika lingkungan sekolah minim orang yang menguasai teknologi. Hasil penelitian berupa pengembangan metode pembelajaran yaitu media pembelajaran berbasis teknologi. Rekomendasi penelitian ini adalah bahwa pengembangan mutu pendidikan di daerah 3T sangat layak di kembangkan guna untuk menciptakan generasi manusia yang berilmu dan berakhlak mulia.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-ilmu komunikasi
Depositing User: Ade Audyana
Date Deposited: 16 Jul 2021 00:23
Last Modified: 16 Jul 2021 00:23
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/26464

Actions (login required)

View Item View Item