Repository UAD

HUBUNGAN KEBUTUHAN AFILIASI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI MANAJEMEN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA

Cut Nyak Dian Kurniaty, CNDK (2015) HUBUNGAN KEBUTUHAN AFILIASI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI MANAJEMEN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA. Other thesis, Ahmad Dahlan University.

[img] PDF
T1_07013125_JUDUL.pdf

Download (494kB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN KEBUTUHAN AFILIASI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI MANAJEMEN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kebutuhan afiliasi dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa Ekonomi Manajemen Universitas Islam Indonesia ditinjau dari jenis kelamin. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Ekonomi Manajemen Universitas Islam Indonesia angkatan 2011 yang berjumlah 100 orang (perempuan=50, laki-laki=50). Alat ukur yang digunakan adalah skala kebutuhan afiliasi dan Skala Perilaku Konsumtif. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik Analisis Kovarians (Anakova) dengan bantuan program SPSS (Statistical Product & Service Sollution) release 19 for windows. Hasil penelitian dengan mengontrol kebutuhan afiliasi menunjukkan ada perbedaan perilaku konsumtif yang signifikan antara mahasiswa perempuan dan mahasiswa laki-laki dengan nilai F=12,270 dan p=0,001 (p<0,01). Tingkat perilaku konsumtif mahasiswa perempuan dengan rerata sebesar 56,659 lebih tinggi dibanding perilaku konsumtif mahasiswa lakilaki sebesar 52,981. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kebutuhan afiliasi dengan perilaku konsumtif. Hasil ini menggambarkan bahwa semakin rendah kebutuhan afiliasi maka semakin rendah perilaku konsumtif pada mahasiswa, begitu juga sebaliknya. Selain hal tersebut juga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan perilaku konsumtif antara mahasiswa perempuan dan mahasiswa laki-laki. Mahasiswa perempuan memiliki tingkat perilaku konsumtif lebih tinggi daripada mahasiswa lakilaki. Tingkat perilaku konsumtif mayoritas subjek termasuk kategori sedang sebesar 79 % dan skor kebutuhan afiliasi mayoritas mahasiswa termasuk kategori tinggi sebesar 85 % dari 100 subjek. Kata kunci : Kebutuhan Afiliasi, Perilaku Konsumtif, Jenis Kelamin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Mr subagio subagio
Date Deposited: 24 Nov 2015 00:57
Last Modified: 24 Nov 2015 00:57
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/2704

Actions (login required)

View Item View Item

Repository UAD is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.