Cut Nyak Dian Kurniaty, CNDK (2015) HUBUNGAN KEBUTUHAN AFILIASI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI MANAJEMEN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA. Other thesis, Ahmad Dahlan University.
PDF
T1_07013125_JUDUL.pdf Download (494kB) |
Abstract
ABSTRAK
HUBUNGAN KEBUTUHAN AFILIASI DENGAN PERILAKU
KONSUMTIF DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA MAHASISWA
FAKULTAS EKONOMI MANAJEMEN UNIVERSITAS ISLAM
INDONESIA YOGYAKARTA
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kebutuhan
afiliasi dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa Ekonomi Manajemen
Universitas Islam Indonesia ditinjau dari jenis kelamin. Subjek yang
digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Ekonomi Manajemen
Universitas Islam Indonesia angkatan 2011 yang berjumlah 100 orang
(perempuan=50, laki-laki=50).
Alat ukur yang digunakan adalah skala kebutuhan afiliasi dan Skala
Perilaku Konsumtif. Metode analisis data dalam penelitian ini
menggunakan teknik Analisis Kovarians (Anakova) dengan bantuan
program SPSS (Statistical Product & Service Sollution) release 19 for
windows.
Hasil penelitian dengan mengontrol kebutuhan afiliasi menunjukkan
ada perbedaan perilaku konsumtif yang signifikan antara mahasiswa
perempuan dan mahasiswa laki-laki dengan nilai F=12,270 dan p=0,001
(p<0,01). Tingkat perilaku konsumtif mahasiswa perempuan dengan rerata
sebesar 56,659 lebih tinggi dibanding perilaku konsumtif mahasiswa lakilaki
sebesar 52,981.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik
kesimpulan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara
kebutuhan afiliasi dengan perilaku konsumtif. Hasil ini menggambarkan
bahwa semakin rendah kebutuhan afiliasi maka semakin rendah perilaku
konsumtif pada mahasiswa, begitu juga sebaliknya. Selain hal tersebut
juga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan perilaku konsumtif antara
mahasiswa perempuan dan mahasiswa laki-laki. Mahasiswa perempuan
memiliki tingkat perilaku konsumtif lebih tinggi daripada mahasiswa lakilaki.
Tingkat perilaku konsumtif mayoritas subjek termasuk kategori
sedang sebesar 79 % dan skor kebutuhan afiliasi mayoritas mahasiswa
termasuk kategori tinggi sebesar 85 % dari 100 subjek.
Kata kunci : Kebutuhan Afiliasi, Perilaku Konsumtif, Jenis Kelamin.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Depositing User: | Mr subagio subagio |
Date Deposited: | 24 Nov 2015 00:57 |
Last Modified: | 24 Nov 2015 00:57 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/2704 |
Actions (login required)
View Item |