RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI BIMBINGAN KONSELING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN TERHADAP SISWA

Zahrotun, Lisna and Linarti, Utaminingsih (2015) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI BIMBINGAN KONSELING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN TERHADAP SISWA. In: SEMNASIF (Seminar Nasional Informatika), 14 November 2015, Hotel Inna Garuda Yogyakarta.

[thumbnail of RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI BIMBINGAN KONSELING.pdf] Text
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI BIMBINGAN KONSELING.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemajuan teknologi yang pesat serta pemanfaatannya yang luas membuka peluang bagi seluruh lembaga atau organisasi, Seperti halnya Sekolah Menengah Atas membutuhkan sebuah pengaksesan, pengelolaan, pendayagunaan informasi dalam volume yang besar secara efektif, efisien, cepat dan akurat. Hal tersebut telah memperkuat betapa pentingnya sebuah aplikasi yang dapat mengatasi berbagai masalah yang ada, karena ketertinggalan akan mengakibatkan terhambatnya kinerja dan rendahnya mutunya pelayanan. Salah satunya adalah system informasi bimbingan konseling.
Dalam penelitian ini menggunakan model prototyping yang meliputi mendengar kebutuhan user, membuat suatu rancangan secara urut tentang suatu system bimbingan konseling dan mengujikan hasil implementasi kepada user. Sistem dibangun dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0, serta database dengan Microsoft Access 2003. Hasil penelitian ini berupa perangkat lunak aplikasi sistem informasi bimbingan konseling yang dapat mencatat data lengkap siswa, data persensi, data pelanggaran dan data permasalahan khusus siswa. Sehingga selama masa studi di sekolah perkembangan siswa dapat terkontrol dengan baik.

Kata kunci : prototyping, user, database

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > FTI Doc
Depositing User: Mrs. Lisna Zahrotun
Date Deposited: 08 Dec 2016 01:17
Last Modified: 08 Dec 2016 01:17
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/2769

Actions (login required)

View Item View Item