KULIAH KERJA NYATA PEMBELAJARAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE 87 KAMPUS MENGAJAR 2 DIVISI I.D.1. TAHUN 2021

Yanto, Panji Nur Fitri (2021) KULIAH KERJA NYATA PEMBELAJARAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE 87 KAMPUS MENGAJAR 2 DIVISI I.D.1. TAHUN 2021. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of ISI LAPORAN_I.D.1_REGULER 87 KAMPUS MENGAJAR 2.pdf] Text
ISI LAPORAN_I.D.1_REGULER 87 KAMPUS MENGAJAR 2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of JUDUL_ I.D.1_ REGULER 87 KAMPUS MENGAJAR 2.pdf] Text
JUDUL_ I.D.1_ REGULER 87 KAMPUS MENGAJAR 2.pdf

Download (336kB)

Abstract

Program Kampus Mengajar yang merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang berupa asistensi mengajar untuk memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran serta peningkatan literasi dan numerasi di Sekolah Dasar di berbagai Desa/Kota, salah satunya adalah di SD Negeri Rogoyudan yang bertempat di Desa Kragilan, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta. Pada program ini, mahasiswa yang terlibat memiliki tanggungjawab dalam membantu pihak sekolah pada proses mengajar, membantu adaptasi teknologi, dan membantu administrasi. Selain itu, mahasiswa memiliki tanggungjawab dalam memperbaiki karakter peserta didik dan meningkatkan minat belajar peserta didik selama masa pandemi Covid-19.

Program ini diharapkan mampu menjadi ajang penanaman empati dan kepekaan sosial pada diri mahasiswa terhadap permasalahan kehidupan masyarakat yang ada disekitarnya, mengasah keterampilan berpikir dalam bekerja sama lintas bidang ilmu dan ragam asal mahasiswa dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi, mengembangkan wawasan, karakter, dan soft skilsl mahasiswa, mendorong dan memacu pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan, serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional.

Secara keseluruhan, Program Kampus Mengajar yang telah selesai dijalankan di SD Negeri Rogoyudan berjalan sesuai perencanaan. Program-program tertuju, yaitu membantu mengajar, membantu adaptasi teknologi, dan membantu administrasi sekolah telah terlaksana dengan baik. Selain itu, program-program lain baik itu program sekolah ataupun mahasiswa juga terlaksana secara berkesinambungan dari awal hingga akhir Program Kampus Mengajar berjalan.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Panji Nur Fitri Yanto
Date Deposited: 28 Dec 2021 06:25
Last Modified: 28 Dec 2021 06:25
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/30306

Actions (login required)

View Item View Item