PROGRAM KAMPUS MENGAJAR PENDAMPINGAN LITERASI, ADAPTASI TEKNOLOGI, DAN ADMINISTRASI DI SD NEGERI 1 PLARANGAN, KECAMATAN KARANGANYAR, KABUPATEN KEBUMEN, JAWA TENGAH DEVISI II.C.1 Tahun 2021/2022

Daniati, Widia (2021) PROGRAM KAMPUS MENGAJAR PENDAMPINGAN LITERASI, ADAPTASI TEKNOLOGI, DAN ADMINISTRASI DI SD NEGERI 1 PLARANGAN, KECAMATAN KARANGANYAR, KABUPATEN KEBUMEN, JAWA TENGAH DEVISI II.C.1 Tahun 2021/2022. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_II.C.1_REGULER 87 KAMPUS MENGAJAR 2.pdf] Text
JUDUL_II.C.1_REGULER 87 KAMPUS MENGAJAR 2.pdf

Download (494kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_II.C.1_REGULER 87 KAMPUS MENGAJAR 2.pdf] Text
ISI LAPORAN_II.C.1_REGULER 87 KAMPUS MENGAJAR 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Program Merdeka Belajar Kampus Mengajar (MBKM) merupakan program yang diselenggarakan oleh Kemdikbud. Program Kampus Mengajar saat ini adalah angkatan kedua yang ditugaskan untuk mengajar, membantu teknologi, dan membantu administrasi sekolah dan guru. Salah satu sekolah yang menjadi tempat Kampus Mengajar yaitu SD Negeri 1 Plarangan yang terletak di Jl. Dampit No.48 Plarangan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Mahasiswa Kampus Mengajar angkatan 2 juga memiliki tanggung jawab dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa serta memperbaiki perilaku dan minat belajar siswa yang rendah.
Metode yang kami gunakan dalam melaksanakan tanggung jawab tersebut adalah menggunakan metode pendekatan terlebih dahulu kepada peserta didik. Dalam pendekatan tersebut, kami mengobservasi bagaimana karakter dan perilaku siswa dalam proses pembelajaran. Setelah mengetahui karakter siswa kami berusaha mengikuti karakter mereka dengan pelan-pelan sambil mengubahnya memperbaiki ke arah yang lebih baik lagi.
Hasil dari program Kampus Mengajar ini yaitu sebagai proses dalam menambah relasi, menambah pengalaman di luar dunia perkuliahan,mengembangkan wawasan, karakter dan soft skills mahasiswa, mendorong dan memacu pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan, serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Widia Daniati
Date Deposited: 28 Dec 2021 05:39
Last Modified: 28 Dec 2021 05:39
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/30365

Actions (login required)

View Item View Item