Hasil peer review artikel dengan judul "Pendidikan Multikultural pada Program Kurikuler di Sekolah Dasar"

Retnasari, Lisa and Hidayah, Yayuk (2019) Hasil peer review artikel dengan judul "Pendidikan Multikultural pada Program Kurikuler di Sekolah Dasar". JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 2_Pendidikan Multikultural pada Program Kurikuler di Sekolah Dasar.pdf] Text
2_Pendidikan Multikultural pada Program Kurikuler di Sekolah Dasar.pdf

Download (110kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan proses implementasi pendidikan multikultural sebagai sarana membangun karakter bangsa melalui program kurikuler di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, edukator dan peserta didik menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa obsrervasi, dokumentasi dan wawancara. Pengetahuan mengenai pendidikan multikultural antara lain menerima keberagaman manusia mulai dari jenis kelamin, suku, agama ras dan adat istiadat. Selain itu menghargai keberbedaan strata sosial dan ekonomi, kemampuan berfikir, prestasi belajar, kondisi peserta didik normal maupun ABK (anak berkebutuhan khusus) sebagai pondasi membangun karakter bangsa. Proses pendidikan multikultural dilakukan melalui: kurikulum berbasis multikultur, program intrakurikuler melalui metode morning carpet dan day carpet, program kokurikuler (assembly, mini trip, resource person, dan multiage).
Kata Kunci: Pendidikan Multikultural, Kurikuler, Karakter Bangsa

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: M.Pd. Lisa Retnasari
Date Deposited: 12 Feb 2022 03:12
Last Modified: 12 Mar 2022 02:21
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/32410

Actions (login required)

View Item View Item