Hasil cek plagiarisme " Inovasi Strategi Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat pada Satuan Pendidikan Dasar"

Sumaryati, Sumaryati and Retnasari, Lisa (2021) Hasil cek plagiarisme " Inovasi Strategi Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat pada Satuan Pendidikan Dasar". [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL_3 Inovasi Strategi Pendidikan.pdf] Text
HASIL_3 Inovasi Strategi Pendidikan.pdf

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penguatan pendidikan karakter (PPK) berbasis masyarakat. Permasalahan antara lain adanya perbedaan pandangan dan konsep tentang pendidikan karakter antara sekolah, keluarga, dan masyarakat. Tujuan penelitian ini menganalisis inovasi strategi PPK berbasis masyarakat di satuan pendidikan dasar. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian didesain dalam tiga tahapan persiapan (koordinasi, penyusunan materi dan instrumen), pelaksanaan (penyegaran konsep PPK berbasis masyarakat, forum grup diskusi, pengisian google form, analisis dan validasi data), dan pelaporan (penyusunan laporan seminar hasil penelitian). Subjek penelitian terdiri dari dua kepala sekolah dan 37 guru. Metode pengumpulan data dengan wawancara, forum grup diskusi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian list pertanyaan dan google form. Teknik analisis data reduksi data, klasifikasi data, display data, dan penyimpulan. Hasil penelitian, inovasi strategi penguatan pendidikan karakter berbasis masyarakat oleh satuan pendidikan dasar di kapanewon Galur Kulon Proggo adalah menjalin komunikasi secara luring maupun daring dengan semua stakeholder (orang tua, komite sekolah, unit-unit pemerintah maupun swasta dilingkungan sekolah), penandatanganan MOU dengan stakeholder sebagai sumber belajar, implementasi buku Pantauan Kegiatan Penguatan Nilai-nilai Karakter Siswa, dan memberdayakan stakeholder sebagai sumber belajar peserta didik,. Komunikasi secara virtual tetap dilaksanakan, meskipun kadang-kadang ditemukan beberapa kendala di dalamnya.
Kata Kunci:
Inovasi, PPK Berbasis Masyarakat, Stakeheolder, MOU, Komunikasi

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: M.Pd. Lisa Retnasari
Date Deposited: 13 Feb 2022 04:44
Last Modified: 13 Feb 2022 04:44
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/32455

Actions (login required)

View Item View Item