Pengembangan Modul Peer-Asissted Learning Program (PALP) Untuk Mahasiswa Semester Dua

Widiarti, Tri Rini and Hidayati, Ratri Nur and Khafidhoh, Khafidhoh (2015) Pengembangan Modul Peer-Asissted Learning Program (PALP) Untuk Mahasiswa Semester Dua. Universitas Ahmad Dahlan. (Unpublished)

[thumbnail of Widiarti_Pengembangan Modul Peer-Asissted Learning Program (PALP) .pdf] Text
Widiarti_Pengembangan Modul Peer-Asissted Learning Program (PALP) .pdf

Download (1MB)

Abstract

Program Peer-Asissted Learning Program (PALP) merupakan salah satu program Pendidikan Bahasa Inggris dalam memfasilitasi mahasiswa mempelajari Bahasa Inggris, baik secara materi maupun pengelolaan kelas/ kelompok. Belum adanya materi/ modul yang secara komprehensif menjadi salah satu dasar penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini ialah mengembangkan modul Peer-Asissted Learning Program (PALP) untuk mahasiswa semester 2 PBI UAD.
Penelitian ini dikategorikan kedalam penelitian dan pengembangan.Ada beberapa langkah yang akan dilakukan dalam penelitian ini, yaitu melakukan analisis kebutuhan, memformulasikan desain pembelajaran, mendesain materi pembelajaran, menyusun materi pembelajaran, memvalidasi materi pembelajaran, merevisi materi pembelajaran, mengaplikasikan materi pembelajaran, dan mengevaluasi penggunaan materi pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah panduan wawancara dan angket. Panduan wawancara digunakan saat melakukan analisis kebutuhan, sedangkan angket digunakan saat validasi materi pembelajaran dan evaluasi penggunaan materi pembelajaran. Ada dua tipe data yang akan didapat dari penelitian ini, yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif akan dianalisis secara deskriptif, sedangkan data kuantitatif akan dianalisis menggunakan skala Likert dan prosentase kriteria keterpakaian. Materi pembelajaran akan dibuat dan direvisi berdasarkan data yang akan diperoleh.
Luaran yang diharapkan dari penelitian ini berupa prosiding, jurnal dan modul.
Kata kunci: Materi, Pembelajaran, Peer-Asissted Learning Program

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-English Education (S1-Pendidikan Bahasa Inggris)
Depositing User: Tri Rini Widiarti
Date Deposited: 17 Feb 2022 06:10
Last Modified: 17 Feb 2022 06:10
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/32730

Actions (login required)

View Item View Item