PENGGUNAAN PARAMETER BARU POTENSIAL WOODSSAXON UNTUK PERHITUNGAN ARAS-ARAS TENAGA PARTIKEL-TUNGGAL KEADAAN DASAR INTI-INTI BOLA

Oktova, Raden (2022) PENGGUNAAN PARAMETER BARU POTENSIAL WOODSSAXON UNTUK PERHITUNGAN ARAS-ARAS TENAGA PARTIKEL-TUNGGAL KEADAAN DASAR INTI-INTI BOLA. Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta. (Unpublished)

[thumbnail of [Lengkap] Penelt Mandiri Inti bola parameter baru WS (pak Oktova).pdf] Text
[Lengkap] Penelt Mandiri Inti bola parameter baru WS (pak Oktova).pdf

Download (1MB)

Abstract

Telah dihitung aras-aras tenaga partikel-tunggal inti bola dalam ruang koordinat dengan menggunakan potensial Woods-Saxon dengan parameter baru (Schwierz, dkk., 2008) dengan memperhitungkan kopling spin-orbit dan potensial Coloumb.
Tingkat tenaga partikel-tunggal diperoleh dengan menyelesaikan bagian radial persamaan Schrӧdinger menggunakan metode Numerov. Untuk membantu perhitungan digunakan program komputasi yang sudah ada. Perhitungan pada empat inti bola dengan bilangan ajaib rangkap sebagai contoh, yaitu inti-inti ringan 16O, 40Ca, 48Ca dan inti berat 208Pb. Hasil perhitungan dengan potensial Woods-Saxon parameter baru dibandingkan dengan hasil perhitungan potensial Woods-Saxon parameter lama, dan data eksperimental. Selain itu, hasil perhitungan dengan potensial Woods-Saxon dengan kedua parameter dibandingkan dengan hasil perhitungan metode yang lebih kompleks, yaitu dengan metode Hartree-Fock relativistik (Marcos dkk, 2004) untuk inti-inti ringan dan dengan metode swakonsisten (Fayans dkk, 1994) untuk inti berat 208Pb. Besaran-besaran inti yang dibandingkan adalah urutan aras tenaga partikel-tunggal (juga lubang-tunggal khusus untuk 208Pb) dan deviasi standard selisih tenaga partikel-tunggal (juga lubang-tunggal khusus untuk 208Pb).
Untuk semua inti ringan, hasil perhitungan aras-aras tenaga partikel-tunggal dengan potensial Woods-Saxon untuk neutron dan proton dengan parameter baru maupun parameter lama menunjukkan urutan aras tenaga yang sama dengan data eksperimen.
Untuk inti-inti ringan, hasil perhitungan aras-aras tenaga partikel-tunggal dengan potensial Woods-Saxon untuk neutron dan proton dengan parameter baru maupun parameter lama menunjukkan urutan aras tenaga yang lebih baik dari hasil perhitungan dengan metode Hartree-Fock relativistik.
Untuk semua inti ringan, deviasi standard selisih tenaga hasil perhitungan dengan potensial Woods-Saxon parameter baru lebih kecil dari hasil perhitungan dengan potensial Woods-Saxon parameter lama, baik untuk neutron maupun untuk proton.
Dari hasil perhitungan deviasi standard selisih tenaga untuk inti ringan, metode Hartree-Fock relativistik lebih teliti dari potensial Woods-Saxon baik dengan parameter baru maupun lama hanya untuk inti 16O untuk neutron dan proton, tetapi untuk kedua inti ringan yang lain metode Hartree-Fock relativistik tidak selalu lebih teliti dari potensial Woods-Saxon baik dengan parameter baru maupun lama.
Untuk inti berat 208Pb, dalam hal struktur aras tenaga, hasil perhitungan aras-aras tenaga partikel-tunggal dengan potensial Woods-Saxon untuk neutron dan proton dengan parameter baru maupun parameter lama sama-sama menunjukkan sejumlah kesalahan urutan aras tenaga dibandingkan dengan data eksperimen, dan ternyata parametrisasi baru potensial Woods-Saxon justru menunjukkan lebih banyak kesalahan urutan aras daripada parametrisasi lama.
Untuk inti berat 208Pb, dalam urutan aras tenaga (partikel-tunggal dan lubang-tunggal) neutron dan proton serta deviasi standard selisih tenaga, baik parametrisasi lama maupun parametrisasi baru potensial Woods-Saxon masih jauh kalah teliti dibandingkan metode perhitungan swakonsisten oleh Fayans dkk.
Dari hasil perhitungan deviasi standard selisih tenaga untuk inti berat 208Pb, dibandingkan parametrisasi lama, parametrisasi baru potensial Woods-Saxon berhasil meningkatkan ketelitian untuk aras-aras tenaga partikel-tunggal saja, namun gagal untuk aras-aras tenaga lubang-tunggal.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disarankan untuk penelitian selanjutnya dapat dilakukan perhitungan yang lebih kompleks besaran-besaran inti seperti distribusi muatan, distribusi massa, dsb. dengan menggunakan parametrisasi baru potensial Woods-Saxon.

Kata kunci: aras tenaga partikel-tunggal, aras tenaga lubang-tunggal, inti bola, Woods-Saxon parameter baru, algoritma Numerov.

Item Type: Book
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika)
Depositing User: Dr. Raden Oktova
Date Deposited: 24 Feb 2022 02:36
Last Modified: 24 Feb 2022 02:36
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/32904

Actions (login required)

View Item View Item