Pelatihan diversifikasi pengolahan buah pepaya california menjadi jelly kering di Desa Tirtonirmolo Tengah, Kasihan, Bantul, D.I.Yogyakarta

Juwitaningtyas, Titisari and Rahmadhia, Safinta and Khairi, Amalya Nurul (2019) Pelatihan diversifikasi pengolahan buah pepaya california menjadi jelly kering di Desa Tirtonirmolo Tengah, Kasihan, Bantul, D.I.Yogyakarta. In: Pelatihan diversifikasi pengolahan buah pepaya california menjadi jelly kering di Desa Tirtonirmolo Tengah, Kasihan, Bantul, D.I.Yogyakarta. Universitas Ahmad Dahlan, pp. 103-108.

[thumbnail of Juwitaningtyas Rahmadhia Khairi - Papaya PPM P2WKSS Tirtonirmolo Jelly kering.pdf] Text
Juwitaningtyas Rahmadhia Khairi - Papaya PPM P2WKSS Tirtonirmolo Jelly kering.pdf

Download (136kB)

Abstract

Program Pengabdian Masyarakat (PPM) dilakukan oleh Tim Dosen Prodi Teknologi Pangan UAD yang bekerja sama dengan P2WKSS (Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat) Padukuhan Padokan Lor, Kelurahan Tirtonirmolo Tengah, Kecamatan Kasihan, Kab. Bantul, DIY. PPM ini dilaksanakan dengan tujuan mengolah daging buah papaya varietas California dalam kategori kondisi matang atau sangat matang (over riped) menjadi produk jelly kering. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh adanya potensi buah papaya yang melimpah di daerah ini. Pemanfaatan buah papaya saat ini masih terbatas pada olahan geplak papaya yang intensitasnya tidak rutin. Hal tersebut mengakibatkan buah papaya yang sudah terlalu matang berpotensi menjadi limbah. Pengolahan buah papaya menjadi produk baru yaitu jelly kering dapat mengurangi potensi limbah serta dapat menjadi potensi usaha yang bernilai ekonomis bagi masyarakat. Program dibagi dalam 2 kegiatan besar yaitu pelatihan pengolahan jelly kering dan pelatihan pengemasan jelly kering. Antusiasme masyarakat dalam mengikuti program ini serta meningkatnya keahlian masyarakat dalam mengolah buah papaya, menjadi tolak ukur yang baik akan keberhasilan program pengabdian ini.

Item Type: Book Section
Subjects: Q Science > Q Science (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: S.Si.,M.Sc Safinta Rahmadhia
Date Deposited: 04 Mar 2022 02:18
Last Modified: 04 Mar 2022 02:18
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/33097

Actions (login required)

View Item View Item