Pelatihan pembuatan kopi biji pepaya sebagai upaya pemanfaatan limbah industri di Desa Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul

Khairi, Amalya Nurul and Rahmadhia, Safinta and Juwitaningtyas, Titisari (2019) Pelatihan pembuatan kopi biji pepaya sebagai upaya pemanfaatan limbah industri di Desa Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. In: Pelatihan pembuatan kopi biji pepaya sebagai upaya pemanfaatan limbah industri di Desa Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. Universitas Ahmad Dahlan, pp. 335-340.

[thumbnail of Khairi Rahmadhia Juwitaningtyas - Limbah Biji Pepaya Kopi.pdf] Text
Khairi Rahmadhia Juwitaningtyas - Limbah Biji Pepaya Kopi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul memiliki potensi industri olahan pepaya dengan menjadi geplak pepaya yang dikelola dalam Kelompok P2WKSS (Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera). Industri tersebut menghasilkan limbah berupa kulit dan biji pepaya yang tidak termanfaatkan dengan baik dan terbuang. program pengabdian berbasis pemberdayaan masyarakat ini akan mengolah limbah biji pepaya menjadi kopi biji pepaya yang non-kafein, tinggi antioksidan, dan vitamin C. Biji pepaya yang telah dipisahkan dari daging buahnya dibersihkan terlebih dahulu dengan melakukan pencucian. Setelah itu, biji pepaya tersebut dikeringkan dengan menggunakan oven selama kurang lebih tiga puluh menit pada suhu 100℃ untuk membersihkan selaputnya. Selain menggunakan oven, pengeringan dapat dilakukan dengan penjemuran matahari selama 1-2 hari tergantung kondisi cuaca. Langkah selanjutnya adalah penyangraian kurang lebih 45 menit dengan kompor api kecil hingga biji pepaya benar-benar kering dan mengeluarkan aroma khas serta rasa pahit. Setelah kering, biji pepaya tersebut didiamkan sejenak untuk menghilangkan uap airnya dan kemudian diblender hingga halus menjadi serbuk. Dengan pengolahan sederhana dan peralatan yang mudah ini diharapkan dapat diaplikasikan secara maksimal oleh seluruh Ibu-ibu P2WKSS Desa Tirtonirmolo.

Item Type: Book Section
Subjects: Q Science > Q Science (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: S.Si.,M.Sc Safinta Rahmadhia
Date Deposited: 04 Mar 2022 02:20
Last Modified: 04 Mar 2022 02:20
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/33098

Actions (login required)

View Item View Item