Pelatihan pemanfaatan susu segar menjadi olahan pangan di kelompok ternak sapi perah Rejomulyo, Pakem, Sleman

Rahmadhia, Safinta and Juwitaningtyas, Titisari and Adha, Mufti Alam (2021) Pelatihan pemanfaatan susu segar menjadi olahan pangan di kelompok ternak sapi perah Rejomulyo, Pakem, Sleman. In: Pelatihan pemanfaatan susu segar menjadi olahan pangan di kelompok ternak sapi perah Rejomulyo, Pakem, Sleman. Universitas Ahmad Dahlan, pp. 291-296.

[thumbnail of Rahmadhia Juwitaningtyas Adha - Inovasi pangan Mie susu Peternak sapi perah Stik susu Susu sapi.pdf] Text
Rahmadhia Juwitaningtyas Adha - Inovasi pangan Mie susu Peternak sapi perah Stik susu Susu sapi.pdf

Download (413kB)

Abstract

Susu merupakan salah satu jenis bahan pangan yang kaya protein dan berbagai zat gizi lainnya. Kelompok ternak sapi perah Rejomulyo menjual susu segar dari hasil ternak mereka langsung ke koperasi. Harga jual susu segar masih tergolong rendah dan terkadang menyebabkan peternak mengalami kerugian. Pengolahan bahan pangan dapat meningkatkan harga jual produk pangan. Susu sapi segar dapat diolah menjadi suatu produk pangan untuk meningkatkan harga jualnya. Olah karena itu pelatihan pengolahan susu segar ini dilakukan untuk membantu meningkatkan kreativitas para paternak sehingga dapat mengolah dan menjual hasil ternaknya dengan harga yang lebih tinggi. Susu sapi segar akan diolah menjadi mie susu dan stik susu. Tim program pengabdian kepada masyarakat (PPM) UAD memberikan video tutorial pembuatan mie dan stik susu kepada peserta pelatihan. Setelah menyaksikan video tutorial, peserta mempraktikkan proses pembuatan produk tersebut. Mie dan stik susu memiliki kelebihan dari segi nilai gizinya dibandingkan dengan mie dan stik yang tidak ditambahkan susu pada proses pembuatannya. Selain itu, pengolahan susu menjadi produk mie dan stik susu dapat menjadikan waktu penjualan dapat dilakukan dalam waktu yang lama karena umur simpan produknya meningkat. Dampak dari dilakukannya pelatihan ini, para peternak dapat menambah inovasi produk dari hasil ternaknya, kreativitasnya meningkat, serta dapat meningkatkan nilai perekonomiannya.

Item Type: Book Section
Subjects: Q Science > Q Science (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: S.Si.,M.Sc Safinta Rahmadhia
Date Deposited: 04 Mar 2022 02:29
Last Modified: 04 Mar 2022 02:29
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/33100

Actions (login required)

View Item View Item