Tata kelola dan penjadwalan pengairan tanaman empon-empon secara otomatis di Kalurahan Wareng Gunungkidul

Rosyady, Phisca Aditya and Rahmadhia, Safinta Nurindra (2021) Tata kelola dan penjadwalan pengairan tanaman empon-empon secara otomatis di Kalurahan Wareng Gunungkidul. In: Tata kelola dan penjadwalan pengairan tanaman empon-empon secara otomatis di Kalurahan Wareng Gunungkidul. Universitas Ahmad Dahlan, pp. 909-915.

[thumbnail of Rosyady Rahmadhia Febrianti - Tata kelola Pengairan Penjadwalan Tanaman empon-empon.pdf] Text
Rosyady Rahmadhia Febrianti - Tata kelola Pengairan Penjadwalan Tanaman empon-empon.pdf

Download (690kB)

Abstract

Kalurahan Wareng adalah salah satu kalurahan di Wonosari, Gunungkidul, yang terletak di daerah pegunungan dan sering mengalami kekurangan air bersih. Belum ada teknologi terintegrasi dalam pemberdayaan pengairan secara efisien dan terpadu. Ketika musim kemarau warga harus membeli air di Pengelola Air Minum Desa (PAMDES) untuk kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan lainnya seperti menyirami tanaman. Permasalahan utama yang diangkat dalam pengabdian ini yaitu menipisnya ketersediaan air di Dusun Singkar 1 pada musim kemarau dan belum adanya varian pengolahan olahan tanaman empon-empon serta sistem pemasaran yang masih konvensional. Solusi yang ditawarkan pada kegiatan ini adalah sistem penjadwalan manajemen air yang terotomasi untuk mendukung penyaluran air bersih sebagai penyiraman tanaman, air wudu, dan juga untuk disalurkan ke rumah-rumah warga. Dalam program pengabdian sebelumnya sudah dilakukan pemasangan pompa air DC dengan tenaga surya, pada skema ini kita akan upgrade pompanya dalam skala yang lebih besar dan implementasikan system penjadwalannya tersebut. Pembuatan sistem pengairan terpadu ini merupakan implementasi hasil penelitian tim pengusul yang memperoleh dana hibah Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT) Ristekdikti tahun 2017 hingga 2019, Calon Pengusaha Pemula Berbasis Teknologi (CPBT) tahun 2018, dan Pengusaha Berbasis Teknologi (PBT) tahun 2019. Pembuatan sistem ini dilakukan selama bulan Juni 2021 dan dipasang pada tanggal 11 Juli 2021 dan 22 Agustus 2021. Pengabdian masyarakat ini memberikan kemudahan secara teknis dalam penyiraman tanaman empon-empon bagi mitra kami Kelompok Wanita Tani (KWT) Srikandi Kalurahan Wareng Kapanewon Wonosari, Gunung Kidul.

Item Type: Book Section
Subjects: Q Science > Q Science (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: S.Si.,M.Sc Safinta Rahmadhia
Date Deposited: 04 Mar 2022 02:33
Last Modified: 04 Mar 2022 02:33
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/33103

Actions (login required)

View Item View Item