Repository UAD

DESKRIPSI PEMAHAMAN PERKALIAN OLEH SISWA KELAS II SD

Rizki, Ayu and Agustin, Devita and Mariana, Ine and Mampouw, Helti Lygia (2016) DESKRIPSI PEMAHAMAN PERKALIAN OLEH SISWA KELAS II SD. Prosiding Seminar Nasional "Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Membangun Karakter Anak untuk Menyongsong Generasi Emas Indonesia". pp. 251-255. ISSN - ISBN :978-6027-0296-5-1

[img]
Preview
Text
Ayu Rizki, dkk_UKSW2.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman siswa pada materi perkalian. Pemahaman perkalian terdiri dari pemahaman konsep dan penggunaannya pada soal cerita sederhana. Subjek terdiri dari 3 siswa kelas II SD, masing-masing 1 siswa berkemam- puan matematika tinggi, sedang dan rendah. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis dan lisan serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang belum dipahami dengan baik oleh para siswa. Siswa berkemam- puan matematika tinggi dapat menyelesaikan soal-soal cerita sederhana dengan baik dan benar, siswa berkemampuan matematika sedang belum mampu menyelesaikan soal-soal cerita tentang perkalian sedangkan siswa berkemampuan matematika rendah menyelesaikan soal cerita dengan menghitung objek satu per satu. Penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam merencanakan pem- belajaran matematika, perlu memperhatikan kemampuan dan kesiapan siswa menerima pembela- jaran baik konsep maupun aplikasinya. Kata kunci: matematika, perkalian, siswa kelas II SD

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 23 Aug 2016 04:31
Last Modified: 23 Aug 2016 04:31
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3373

Actions (login required)

View Item View Item

Repository UAD is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.