Biologi Konservasi : Strategi Perlindungan Keanekaragaman Hayati Indonesia

Utami, Inggita and Budiantoro, Agung (2022) Biologi Konservasi : Strategi Perlindungan Keanekaragaman Hayati Indonesia. [Teaching Resource]

[thumbnail of Utami Budiantoro - Biologi Konservasi Strategi Perlindungan Keanekaragaman Hayati Indonesia.pdf.pdf] Text
Utami Budiantoro - Biologi Konservasi Strategi Perlindungan Keanekaragaman Hayati Indonesia.pdf.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kehadiran tumbuhan dan satwa liar di Indonesia semakin tersingkirkan akibat ancaman masif pada habitat mereka. Pemerintah dan para stakeholders terus mengupayakan langkah strategis dalam melindungi keanekaragaman hayati Indonesia. Teknologi-teknologi canggih dan inovatif digunakan untuk membantu kerja pengelola dalam memantau kawasan konservasi yang luas. Buku ajar Biologi Konservasi Strategi Perlindungan Keanekaragaman Hayati Indonesia ini dikemas dalam tujuh bab. Bab pertama menyajikan kekayaan hayati di Indonesia dan ancamannya. Bab kedua menjelaskan status tumbuhan dan satwa liar seperti IUCN RedList, CITES, dan Satwa dilindungi di Indonesia. Bab ketiga menjelaskan strategi perlindungan dari penetapan kawasan konservasi, pembuatan SRAK, hingga penangkaran diberbagai wilayah. Bab keempat menjelaskan keterlibatan multistakeholder dalam penentuan strategi. Bab kelima menjelaskan tentang bentang alam kawasan konservasi. Bab keenam menjelaskan tentang penggunaan teknologi dalam monitoring kawasan. Bab ketujuh menceritakan ekowisata sebagai konsep wisata berkelanjutan.

Item Type: Teaching Resource
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Biology (S1-Biologi)
Depositing User: M.Sc. Inggita Utami
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:17
Last Modified: 14 Apr 2022 02:17
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/34342

Actions (login required)

View Item View Item