Hasil Cek_" Diagnosis Organisasi Pendidikan dengan Model Six Box"

Bashori, Khoirudin and Sari, Erita Yuliasesti Diah and Widyowati, Arini (2021) Hasil Cek_" Diagnosis Organisasi Pendidikan dengan Model Six Box". Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiya 'Aisyiyah (APPPTMA).

[thumbnail of HASIL CEK_19. Khoi-Six box.pdf.pdf] Text
HASIL CEK_19. Khoi-Six box.pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Keberhasilan perguruan tinggi dalam mencapai tujuan tidak terlepas dari keberhasilan unit–unit kerja yang ada. Salah satu unit dalam organisasi perguruan tinggi yang memiliki peran penting untuk pencapaian peran perguruan tinggi adalah program studi. Dalam konteks organisasi pendidikan, keberhasilan program studi sebagai sebuah organisasi dapat ditunjukkan dalam beberapa indikator pencapaian akademik. Di sisi lain, program studi juga menghadapi berbagai masalah internal organisasi maupun tantangan dari luar yang dapat menghambat efektivitas kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiagnosis salah satu program studi di lingkungan Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan. Data dikumpulkan dengan kuesioner, wawancara dan Focused Group Discussion untuk mengungkap permasalahan organisasi berdasarkan aspek-aspek dalam model diagnosis organisasi six-box, yaitu tujuan, struktur, hubungan, sistem penghargaan, kepemimpinan, dan mekanisme pendukung. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis isi. Hasil diagnosis menunjukkan semua aspek diagnosis berjalan dengan baik, namun dalam implementasinya belum seluruhnya optimal. Aspek sistem penghargaan diketahui menjadi aspek yang paling optimal, sedangkan aspek tujuan, struktur, hubungan, kepemimpinan dan mekanisme pendukung masih perlu penataan ulang agar saling mendukung menciptakan sistem organisasi dan sehat dan efektif. Kata Kunci — diagnosis, organisasi, six box

Item Type: Other
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: S.Psi.,M.Si Erita Yuliasesti
Date Deposited: 10 Jun 2022 02:15
Last Modified: 10 Jun 2022 02:15
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/35221

Actions (login required)

View Item View Item