Similarity_Penerapan Teknik SURF pada Forensik Citra untuk Analisa Rekayasa Foto Digital

Yudhana, Anton and Sulistyo, Wicaksono Yuli and Riadi, Imam (2020) Similarity_Penerapan Teknik SURF pada Forensik Citra untuk Analisa Rekayasa Foto Digital. JUITA Jurnal Informatika, 8 (2). ISSN e-ISSN: 2579-8901

[thumbnail of Similarity_Penerapan Teknik SURF pada Forensik Citra untuk Analisa Rekayasa Foto Digital.pdf] Text
Similarity_Penerapan Teknik SURF pada Forensik Citra untuk Analisa Rekayasa Foto Digital.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi citra digital yang semakin maju membuat mudahnya merekayasa suatu citra. Perubahan pada citra membuat informasi yang disampaikan menjadi berubah dan rawan dimanfaatkan menjadi aksi kejahatan digital. Salah satu cara menyelesaikan kasus kejahatan digital ini menggunakan forensik citra. Penelitian ini menggunakan metode teknik pendeteksian rekayasa foto digital Speeded Up Robust Features (SURF). Tahapan pertama melakukan mengakuisisi data kemudian melakukan proses ekstraksi dengan hasil akuisisi tersebut. Hasil yang sudah didapat dianalisis menggunakan algoritma SURF, algoritma ini mendeteksi adanya manipulasi pada foto dengan tidak adanya keypoint pada beberapa objek yang tidak terhubung. Rekayasa foto digital dapat dipastikan menggunakan perbandingkan kualitas citra pada setiap foto dengan perhitungan MSE, RMSE dan PSNR. Hasil perbandingan nilai kualitas didapat perbedaan antara nilai kualitas pada foto asli dan foto manipulasi, hal tersebut dapat membuktikan bahwa foto tersebut sudah dimanipulasi.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Electrical Engineering (S1-Teknik Elektro)
Depositing User: Anton Yudhana,
Date Deposited: 14 Jun 2022 03:10
Last Modified: 14 Jun 2022 03:10
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/35283

Actions (login required)

View Item View Item