Analisis Pengeluaran Rumah Tangga Miskin (Studi Kasus di Dusun Bulurejo Desa Kepek Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul)

Suripto, Suripto (2022) Analisis Pengeluaran Rumah Tangga Miskin (Studi Kasus di Dusun Bulurejo Desa Kepek Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul). [Artikel Dosen] (Unpublished)

[thumbnail of Jurnal 9 Plagiarisme Ripto.pdf] Text
Jurnal 9 Plagiarisme Ripto.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengeluaran rumah tangga miskin di Dusun Bulurejo. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner (primer) dan beberapa observasi dan wawancara langsung dengan pihak terkait khususnya rumah tangga miskin tentang tingkat kemiskinan, pendapatan kepala rumah tangga, jumlah anggota keluarga, tingkat pendidikan kepala rumah tangga dan total kepemilikan aset (kendaraan bermotor). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemiskinan rumah tangga sebesar 81,1% dipengaruhi secara bersama-sama oleh variabel-variabel dalam model, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model. Secara parsial variabel pendapatan (X1) berpengaruh signifikan dan positif terhadap tingkat kemiskinan rumah tangga di Dusun Bulurejo, jumlah anggota keluar (X2) berpengaruh signifikan dan positif terhadap tingkat kemiskinan rumah tangga di Dusun Bulurejo, kepala keluarga pendidikan (X3) tingkat kemiskinan rumah tangga di Dusun Bulurejo dan kepemilikan aset (kendaraan bermotor) (X4) berpengaruh signifikan dan positif terhadap tingkat kemiskinan rumah tangga di Dusun Bulurejo.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisi / Prodi: Faculty of Economics (Fakultas Ekonomi) > S1-Economic Development (S1 Ekonomi Pembangunan)
Depositing User: Rifki Khoirudin
Date Deposited: 27 Aug 2022 04:14
Last Modified: 27 Aug 2022 04:14
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/36539

Actions (login required)

View Item View Item