IMPLEMENTASI MODEL CHILD FRIENDLY SCHOOL (CFS) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS (STUDI KASUS DI SD NEGERI SECANG 1 KABUPATEN MAGELANG)

Farikah, Farikah (2016) IMPLEMENTASI MODEL CHILD FRIENDLY SCHOOL (CFS) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS (STUDI KASUS DI SD NEGERI SECANG 1 KABUPATEN MAGELANG). Prosiding Seminar Nasional "Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Membangun Karakter Anak untuk Menyongsong Generasi Emas Indonesia". pp. 546-549. ISSN - ISBN :978-6027-0296-5-1

[thumbnail of Farikah_Univ Tidar.pdf] Text
Farikah_Univ Tidar.pdf

Download (322kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa pembelajaran Bahasa Inggris di berba- gai sekolah dasar ataupun di madrasah ibtidaiyah, dalam pelaksanaannya masih sebatas sebagai proses penyampaian pengetahuan tentang Bahasa Inggris yang kadang kala membuat anak-anak usia SD/MI jenuh, bosan bahkan merasa tertekan. Untuk menjawab persoalan tersebut perlu dit- erapkan suatu cara alternatif mempelajari Bahasa Inggris yang kondusif dengan suasana yang cenderung rekreatif sehingga memotivasi siswa untuk mengembangkan potensi dan kreativitas- nya dalam belajar. Salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah dengan penerapan model CFS (Child Friendly School), yang diharapkan supaya materi pelajaran Bahasa Inggris dapat mudah dipahami serta dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Maka dari itu, peneliti mengadakan penelitian tentang praktek pelaksanaan pembelaja- ran Bahasa Inggris dengan model CFS di SD Negeri Secang 1 Kabupaten Magelang. Fokus penelitian yang akan diuji dalam penelitian adalah:1) Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Inggris dengan model CFS di SD Negeri 1 Secang Kabupaten Magelang 2) Keefektifan model CFS un- tuk pembelajaran Bahasa Inggris di SD Negeri Secang 1 kabupaten Magelang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi, menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik Triangulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Pelaksanaan pem- belajaran Bahasa Inggris dengan model CFS berjalan secara konsisten, telah menerapkan asas pembelajaran CFS 2) Model CFS merupakan model yang efektif untuk Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar.

Keywords: Bahasa Inggris, Child Friendly School (Sekolah Ramah Anak), Penelitian Kualitatif.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 17 Sep 2016 05:22
Last Modified: 17 Sep 2016 05:22
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3671

Actions (login required)

View Item View Item