INTERNALISASI NILAI MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PAI DI MASA PANDEMI COVID-19

SUNTORO, RANU and Widodo, Hendro (2020) INTERNALISASI NILAI MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PAI DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal MUDARRISUNA, 10 (2). ISSN P-ISSN 2089-5127 E-ISSN 2460-0733

[thumbnail of INTERNALISASI NILAI MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PAI DI MASA PANDEMI COVID-19.pdf] Text
INTERNALISASI NILAI MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PAI DI MASA PANDEMI COVID-19.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pandemi COVID-19 yang terjadi memiliki dampak yang signifikan terhadap aspek-aspek yang menyelimuti kehudupan masyarakat, tidak terkecuali pada aspek pendidikan formal. Kebijakan penerapan physical distanching oleh pemerintah berbuntut pada diterapkannya belajar dari rumah melalui online pada setiap tingkat satuan pendidikan. Oleh karena itu diperlukan rekonstruksi pada beberapa bagaian, di antaranya adalah pembelajaran berikut dengan asesmentnya, agar layanan pendidikan tetap terjamin, terkhusus pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yang menjadi objek kajian ini. Adanya 4 pokok kebijakan merdeka belajar yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun 2019 silam menjadi angin segar bagi pelaku pendidikan terutama guru untuk membuka cakrawala dan gagasan guna menyikapi problem yang terjadi. Oleh karena itu artikel ini memaparkan tentang internalisasi nilai merdeka belajar dalam pembelajaran PAI pada masa pandemi COVID-19 yang diterapkan di SDN Rejosari 3. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dalam pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, studi dokumentasi, dan wawancara. Dalam kajian ini terdapat 2 aspek dalam internalisasi, yakni; dasar gagasan internalisasi yang berpegang pada aspek normatif yaitu undang-undang dan surat edaran dinas pendidikan, serta pandangan subjektivitas guru terhadap kebijakan merdeka belajar yakni nilai fleksibilitas yang terkandung di dalamnya. Adapun internalisasi berupa rencana pelaksanaan pembelajaran, kesadaran literasi dan karakter sosial serta
pola asesment.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Dr. Hendro Widodo
Date Deposited: 05 Dec 2022 08:27
Last Modified: 05 Dec 2022 08:27
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/37828

Actions (login required)

View Item View Item