Pelatihan Inovasi Media Pembelajaran Literasi dan Numerasi Antikorupsi dalam Kondisi Darurat Covid-19 di TK ABA Komplek Masjid Perak Prenggan

Suyadi, Suyadi and Sumaryati, Sumaryati and Sukmayadi, Trisna and Waharjani, Waharjani (2022) Pelatihan Inovasi Media Pembelajaran Literasi dan Numerasi Antikorupsi dalam Kondisi Darurat Covid-19 di TK ABA Komplek Masjid Perak Prenggan. [Artikel Dosen]

[thumbnail of Jurnal PengabdianMU pelatihan numerasi dan literasi Januari 2022.pdf] Text
Jurnal PengabdianMU pelatihan numerasi dan literasi Januari 2022.pdf

Download (805kB)
[thumbnail of HASIL CEK_PPKn- 60910102- Jurnal PengabdianMu pelatihan(1).pdf] Text
HASIL CEK_PPKn- 60910102- Jurnal PengabdianMu pelatihan(1).pdf

Download (5MB)

Abstract

Merebaknya kasus korupsi dana COVID-19 dari tingkat Desa, Kabupaten hingga Kementerian, berimplikasi langsung terhadap angka kematian, terlebih lagi anak usia dini mencapai 43,7% dari total kematian anak di masa COVID-19 atau 0,85% dari total kematian terkonfirmasi positif. Numerasi
dan literasi sebagai kompetensi minimum siswa telah banyak dibahas, namun literasi dan numerasi yang spesifik bidang antikorupsi belum banyak dipahami baik guru maupun siswa. Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) bertujuan meningkatkan tingkat keberdayaan literasi dan numerasi kelompok mitra melalui pelatihan inovasi media pembelajaran antikorupsi. Kelompok mitra PPM adalah TK ABA Komplek Masjid Perak Kotagede Yogyakarta yang terdiri dari 20 guru berpendidikan S1. Pelaksanaan PPM dilakukan sepanjang April hingga Juni 2021 secara daring. Metode pelaksanaan adalah sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan. Teknik analisis data dikukan dengan mengukur tingkat keberdayaan mitra di bidang literasi dan numerasi antikorupsi. Hasil PPM menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi literasi dan numerasi antikorupsi dalam bentuk cerita anak baru sampai pada tahap inovatif dan kreatif namun belum sampai pada berbasis teknologi digital. Hal ini disebabkan karena pelatihan daring di masa COVID-19 tidak memungkinkan menggunakan laboratorium multimedia interaktif sebagai perangkat literasi dan numerasi cerita anak berbasis teknologi digital. Meski demikian, hasil PPM ini telah mengubah pembelajaran literasi dan numerasi antikorupsi di masa pandemi COVID-19 menjadi lebih menyenangkan sehingga dapat mengurangi risiko stres dan cemas pada anak-anak serta berpotensi meningkatkan imunitas.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan))
Depositing User: Dra, M.Hum Sumaryati Sumaryati
Date Deposited: 27 Dec 2022 01:54
Last Modified: 27 Dec 2022 01:54
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/38179

Actions (login required)

View Item View Item