Oktova, Raden and Waloyo Jati, Panji Pengembangan Video Pembelajaran Online tentang Efek Fotolistrik Menggunakan Sparkol Videoscribe pada Mata Kuliah Fisika Modern untuk S-1 Pendidikan Fisika. [Artikel Dosen] (In Press)
Text
Paper_dan_LoA_Efek fotolistrik Oktova dkk (accepted BFI).pdf Download (1MB) |
Abstract
Fisika Modern merupakan salah satu mata kuliah penting dan menarik pada program studi
S-1 Pendidikan Fisika. Mata kuliah ini membahas konsep-konsep yang tidak mampu
dijelaskan oleh fisika klasik. Namun demikian dosen fisika menghadapi sebuah kenyataan
bahwa mahasiswa kesulitan untuk memahami materi yang abstrak. Akibatnya mahasiswa
kurang memahami konsep pada mata kuliah Fisika Modern, terutama efek fotolistrik. Oleh
karena itu, media pembelajaran diperlukan sebagai alat bantu pembelajaran, dan salah satu
jenis media pembelajaran yang menarik dan inovatif adalah video yang dikembangkan
menggunakan Sparkol Videoscribe. Penelitian ini menggunakan model pengembangan
ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan
Evaluation. Untuk mengetahui kelayakan video dilakukan validasi melalui angket oleh ahli
materi dan ahli media. Tingkat kelayakan rata-rata yang diberikan oleh ahli materi dan ahli
media berturut-turut sebesar 83,33% dan 91,11%, dengan kategori sangat layak. Setelah uji
kelayakan media, video pembelajaran yang dikembangkan diunggah ke situs YouTube
untuk memudahkan penggunaannya dalam pembelajaran dan dilakukan uji kepuasan
pengguna dengan 24 orang mahasiswa sebagai sampel pengguna. Dari uji kepuasan
pengguna diperoleh tingkat kepuasan pengguna sebesar 89,77%, dengan kategori sangat
memuaskan.
Item Type: | Artikel Dosen |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika) |
Depositing User: | Dr. Raden Oktova |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 09:44 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 09:44 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/38674 |
Actions (login required)
View Item |