KONSEP PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA SEBAGAI RUH SISTEM PENDIDIKAN INDONESIA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER GENERASI BANGSA

Yuherman, Yuherman and Yusutria, Yusutria and Rina, Febriana and Charles, Charles (2022) KONSEP PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA SEBAGAI RUH SISTEM PENDIDIKAN INDONESIA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER GENERASI BANGSA. Jurnal Kajian Agama Hukum dan Pendidikan Islam (KAHPI), 3 (1). ISSN p-ISSN 2685-8401 | e-ISSN 2685-7502

[thumbnail of 33. HASIL CEK_KONSEP PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA.pdf] Text
33. HASIL CEK_KONSEP PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA.pdf

Download (7MB)

Abstract

Isu pendidikan karakter di Indonesia sangat penting untuk penelitian dan evaluasi.
Mengapa kita tidak melihat banyak berita akhir-akhir ini tentang kerentanan moral dan
kepribadian negara, terutama di kalangan remaja? Angka kejadian korupsi terus meningkat
secara kualitatif dan kuantitatif, dengan perilaku umum seperti perilaku asusila antar siswa,
korupsi antar sekolah, korupsi, menyontek, penyalahgunaan narkoba, dan bullying. Termasuk
pornografi, pelecehan seksual, penjarahan, intimidasi, dan perilaku licik. Sehingga diperlukan
suatu konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai ruh sistem pendidikan Indonesia dalam
pembentukan karakter generasi bangsa. Jenis penelitian karya ilmiah ini merupakan bersifat
naratif kualitatif menggunakan library research dengan sumber data utama merupakan buku.
Teknik pengumpulan data berdasarkan teknik dokumentasi. Menganalisis data penelitian ini
dilakukan melalui reduksi data, display (penyajian data), penarikan konklusi, dan verifikasi. Hasil
penelitian tentang konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai ruh sistem pendidikan
Indonesia dalam pembentukan karakter generasi bangsa bahwa pendidikan karakter menurut Ki
Hajar Dewantara harus mendukung nilai-nilai kemanusiaan dan kebangsaan: alam, kemandirian,
budaya, kebangsaan, dan kemanusiaan, sebagaimana tertuang dalam Pancha Dharma, dengan
menempatkan peserta didik sebagai pusat pendidikan. Mengenai penerapan sistem tersebut,
guru prioritas (Pemon) harus bertindak dalam pelaksanaan proses pendidikan: Ing Ngarso Sung
Tulado, Ing Madya Mangun Karso, Tutwuri Handayani. Tujuan pendidikan karakter mencapai
kehidupan yang sempurna, tentunya menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter sangat luas dan
beragam yang materinya didasari pada perkembangan jiwa dan usia peserta didik

Item Type: Artikel Umum
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: Dr. Yusutria Yusutria
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:46
Last Modified: 17 Jan 2023 02:46
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/38861

Actions (login required)

View Item View Item