Pandangan Dunia dalam Webtoon Sekotengs: Kajian Strukturalisme Genetik Lucien Goldmann

Merawati, Fitri and Putranto, Muhammad Yusa Dwi (2020) Pandangan Dunia dalam Webtoon Sekotengs: Kajian Strukturalisme Genetik Lucien Goldmann. BAHASTRA, 40 (1). pp. 85-95. ISSN ISSN : 0215-4994 (Print) ISSN : 2548-4583 (Online)

[thumbnail of Peer Review_Merawati_Sekotengs Webtoon, Human Fact, World View, Genetic Structuralism.pdf] Text
Peer Review_Merawati_Sekotengs Webtoon, Human Fact, World View, Genetic Structuralism.pdf

Download (892kB)
[thumbnail of HASIL CEK_Putranto, Merawati_Sekotengs Webtoon, Human Fact, World View, Genetic Structuralism.pdf] Text
HASIL CEK_Putranto, Merawati_Sekotengs Webtoon, Human Fact, World View, Genetic Structuralism.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fakta kemanusiaan, subjek kolektif dan pandangan dunia yang terdapat dalam Webtoon Sekotengs. Webtoon ini populer dengan jumlah pembaca mencapai 4,6 juta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang berpusat pada deskripsi. Subjek penelitian ini adalah Webtoon Sekotengs karya Lifina, sedangkan objek penelitian ini adalah fakta kemanusiaan dan pandangan dunia pengarang. Teori yang digunakan adalah strukturalisme genetik Lucien Goldmann. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Webtoon Sekotengs terdapat dua jenis fakta kemanusiaan, yaitu fakta kemanusiaan kreasi kultural dan fakta kemanusiaan aktivitas sosial. Terdapat 36 data fakta kemanusiaan kreasi kultural, sedangkan data fakta kemanusiaan aktivitas sosial sebanyak 27. subjek kolektif dalam Webtoon Sekotengs didominasi oleh kelas sosial tinggi, yaitu sebanyak 10 data. Tokoh utama maupun tokoh sampingan digambarkan sebagai orang kaya. Penggambaran orang miskin dapat dijumpai melalui beberapa tokoh pasien saja.Selain itu webtoon ini mempunyai pandangan dunia materialisme. Lifina melalui Webtoon Sekotengs menganggap bahwa seseorang yang dinilai tampan atau cantik dan berkelas sosial tinggi akan lebih dikagumi oleh orang lain dan menjadi idola.

Item Type: Artikel Umum
Keyword: sekotengs webtoon, human fact, collective subject, world view, and genetic structuralism
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: M.A. Fitri Merawati
Date Deposited: 21 Jan 2023 03:07
Last Modified: 21 Jan 2023 03:07
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/38902

Actions (login required)

View Item View Item