UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA FIKTIF DI KELAS VI SDN TENGGARANG 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Martaningsih, Sri Tutur (2021) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA FIKTIF DI KELAS VI SDN TENGGARANG 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of HASIL CEK_NASKAH 20.pdf] Text
HASIL CEK_NASKAH 20.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dari waktu ke waktu kian berkembang dan mengalami peningkatan, tidak terkecuali dalam bidang pendidikan. Pemanfaatan TIK didunia pendidikan masa kini pada tingkat sekolah dasar sangat dibutuhkan untuk berbagai kepentingan termasuk untuk media pembelajaran. Selain digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran, TIK juga dapat digunakan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Dengan memaksimalkan TIK dapat mempermudah proses pembelajaran, membantu siswa dalam memahami setiap materi pelajaran, dapat menarik perhatian siswa serta dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Pemanfaatan TIK dapat digunakan guru dalam berkomunikasi dengan orang tua siswa. Selain sebagai alat pembelajaran bagi siswa dan alat komunikasi, pemanfaatan TIK juga berguna bagi guru dalam proses pengajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan media Flipbook interaktif (FIKTIF) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Teknik yang digunakan untuk penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus, masing – masing siklus terdiri dari satu pertemuan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan observasi dan evaluasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan pada penelitian ini yaitu hasil belajar peserta didik > 70 %. Hasil dari penelitian ini yaitu pada siklus I belum mencapai > 70 %, kemudian dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II didapatkan hasil yaitu mencapai 80 %. Dan pada siklus III didapatkan
hasil yaitu mencapai 100%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Dr. M.Pd Sri Tutur Martaningsih
Date Deposited: 27 Jan 2023 06:15
Last Modified: 27 Jan 2023 06:15
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39256

Actions (login required)

View Item View Item