Pemanfaatan Aplikasi Rapor K-13 (Kurikulum 2013) Berbasis Web di SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta

Pujiastuti, Nur Rochmah Dyah and Tarmuji, Ali and Prahara, Adhi Pemanfaatan Aplikasi Rapor K-13 (Kurikulum 2013) Berbasis Web di SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta. LPPM UAD. (Unpublished)

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Laporan_Akhir_PPM_SD_Muh_Sokonandi.pdf] Text
Laporan_Akhir_PPM_SD_Muh_Sokonandi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Program ini merupakan pengabdian kepada masyarakat (PkM) dengan skema reguler di bidang ilmu informatika. Pengabdian ini bekerjasama dengan SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta dan akan dilaksanakan di Laboratorium Informatika, UAD. SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta merupakan salah satu SD Muhammadiyah percontohan di wilayah BKS Umbulharjo yang mewadahi SD/MI Muhammadiyah/Aisyiyah di wilayah Umbulharjo. SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta mempunyai program kerja untuk mengembangkan, meningkatkan pelayanan akademik bagi guru, siswa dan orang tua siswa. Hal ini terutama dalam proses pengolahan nilai akhir siswa yang digunakan untuk monitoring keberhasilan pembelajaran siswa. Proses pengolahan nilai rapor selama ini menggunakan dukungan aplikasi Microsoft Excel. Berdasarkan kurikulum 2013 (K-13), sistem pelaporan hasil penilaian oleh pendidik berbentuk nilai dan/atau deskripsi pencapaian kompetensi untuk hasil penilaian kompetensi pengetahuan dan ketrampilan termasuk penilaian hasil pembelajaran tematik-terpadu dan deskripsi sikap untuk hasil penilaian kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial. Permasalahan pada mitra yaitu penggunaan aplikasi Excel yang kurang memadai dari sisi efektifitas dan efisiensi untuk mengolah banyaknya variabel kompetensi untuk setiap mata pelajaran serta mengolah banyaknya jumlah mata pelajaran wajib maupun tambahan AIK di SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta. Permasalahan berikutnya yaitu diperlukannya pendampingan penyusunan dan evaluasi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan kurikulum 2013 terutama tentang model pembelajaran dan komponen penilaiannya.
Dari uraian permasalahan tersebut, kami bekerja sama dengan SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta akan mengadakan pelatihan pemanfaatan aplikasi rapor berbasis web serta melakukan pendampingan dan evaluasi rencana pembelajaran yang sudah ada agar pelayanan akademiknya meningkat. Metode yang digunakan dalam PkM ini yaitu: 1) Persiapan sebelum pelatihan yang terdiri dari dua tahap yaitu a) mengidentifikasi kendala pada mitra seperti diperlukannya pendampingan dan evaluasi pada rencana pembelajaran yang sudah ada serta mengidentifikasi kelemahan aplikasi rapor berbasis Excel yang sudah berjalan dan b) menghubungi pakar kurikulum/pendidikan SD, membuat aplikasi sistem rapor K-13 berbasis web, membuat modul pelatihannya dan mempersiapkan dukungan alat dan operasional bagi guruguru di SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta. 2) Pemaparan pengetahuan digunakan untuk menjelaskan tentang strategi penyusunan rencana pembelajaran dan komponen penilaiannya sesuai kurikulum 2013 oleh pakar dan pengenalan teknologi sistem rapor berbasis web beserta keunggulannya oleh tim dosen Informatika. 3) Pelatihan dilaksanakan untuk mengenalkan penggunaan aplikasi rapor berbasis web pada peserta disertai dengan contoh kasus. 4) Pendampingan dilaksanakan untuk mendampingi guru dalam menyusun strategi rencana pembelajaran sesuai kurikulum 2013 dan proses migrasi dari aplikasi rapor lama ke aplikasi baru. 5) Evaluasi digunakan untuk mengecek hasil penyusunan rencana pembelajaran, mengukur keakuratan dari aplikasi rapor yang baru dan mengetahui kemampuan peserta dalam proses adaptasi ke aplikasi sistem rapor K-13. Hasil dari kegiatan PkM ini adalah guru-guru di SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta dapat memanfaatkan teknologi dalam proses penilaian rapor siswa untuk mempermudah proses pengolahan nilai akhir dan pelaporan hasil pembelajaran serta dapat menyusun rencana pembelajaran yang baik.
Luaran yang akan dihasilkan yaitu aplikasi Sistem Rapor K-13 berbasis web, modul pelatihan penggunaan aplikasi, artikel ilmiah yang diseminarkan pada Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat UAD, artikel yang diterbitkan pada media massa, video dokumentasi kegiatan dan peningkatan keberdayaan Mitra.

Item Type: Other
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Adhi Prahara
Date Deposited: 31 Jan 2023 06:53
Last Modified: 31 Jan 2023 06:53
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39357

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item