Analisis Keaktifan Pembelajaran Daring Siswa Kelas XI MIPA I SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta

Rahmawati, Apri and Mualifah, Siti and Rahmawati, Tuti and Istiqomah, Dwi Meilinda and Saifuddin, Much. Fuad and Ma'rifah, Destri Ratna (2022) Analisis Keaktifan Pembelajaran Daring Siswa Kelas XI MIPA I SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 6 (1). pp. 74-79. ISSN 2598-9669

[thumbnail of Peer review_Saifuddin_Diklabio-Keaktifan pembelajaran daring di SMA.pdf] Text
Peer review_Saifuddin_Diklabio-Keaktifan pembelajaran daring di SMA.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of Hasil cek_Diklabio-Rahmawati Mualifah Tuti Istiqomah Saifuddin Destri_siswa Pandemi Covid-19 Pembelajaran online.pdf] Text
Hasil cek_Diklabio-Rahmawati Mualifah Tuti Istiqomah Saifuddin Destri_siswa Pandemi Covid-19 Pembelajaran online.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keaktifan siswa membantu tercapainya keberhasilan proses pembelajaran. Adanya pembelajaran daring cenderung merubah keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui keaktifan siswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Penelitian deskriptif kualitatif ini melibatkan subjek siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 yang berjumlah 43 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Hasil analisis menunjukkan aktivitas visual 73,7%, aktivitas mendengar 73,7%, aktivitas oral/lisan 42,1%, aktivitas menulis 47,4%, dan aktivitas mental 52,6%. Aktivitas kegiatan pembelajaran kelas XI MIPA I yaitu 57,9% dengan kriteria kurang baik. Siswa dalam pembelajaran daring cenderung hanya mendengarkan penjelasan guru, jarang melakukan interaksi dengan guru, mengemukakan/pendapat dan bertanya.

Item Type: Artikel Umum
Keyword: Aktivitas siswa Pembelajaran online covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi)
Depositing User: S.Pd. M.Pd Much Fuad Saifuddin
Date Deposited: 11 Feb 2023 03:58
Last Modified: 11 Feb 2023 03:58
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39631

Actions (login required)

View Item View Item