Persepsi siswa terhadap penggunaan e-learning dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Godean, Sleman

Setiawan, Hafidh Ibnu and Haji, Nur Ubay Pangesda and Sulistyani, Ria Nanda and Edhita, Afiefa Meiliani and Ma'rifah, Destri Ratna and Saifuddin, Much. Fuad (2022) Persepsi siswa terhadap penggunaan e-learning dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Godean, Sleman. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 6 (1). pp. 43-51. ISSN 2579-7352

[thumbnail of Peer review_Saifuddin_Didaktika_Persepsi siswa e-learning pembelajaran biologi SMA.pdf] Text
Peer review_Saifuddin_Didaktika_Persepsi siswa e-learning pembelajaran biologi SMA.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of Hasil cek_Didaktika Biologi_ Setiawan Haji Sulistyani Edhita Marifah Saifuddin - pandemi covid-19, e-learning.pdf] Text
Hasil cek_Didaktika Biologi_ Setiawan Haji Sulistyani Edhita Marifah Saifuddin - pandemi covid-19, e-learning.pdf

Download (2MB)

Abstract

Persepsi siswa dalam menggunakan e-learning dalam kegiatan pembelajaran perlu untuk dikaji karena siswa merupakan pihak yang menggunakan e-learning dalam proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan e-learning dalam pembelajaran biologi pada masa pandemic Covid-19 di SMA Negeri 1 Godean, Sleman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Data penelitian didapatkan dengan cara membagikan angket dalam bentuk Google form yang terdiri dari 11 pernyataan (indikator) yang mencakup tiga aspek, yaitu aspek kemudahan akses, aspek kebermanfaatan dalam pembelajaran dan aspek kemudahan penggunaan e-learning. Angket dibagikan ke seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Godean, Sleman. Data hasil respon siswa dianalisis dengan menghitung persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa SMA Negeri 1 Godean, Sleman memiliki persepsi yang positif terhadap penggunaan e-learning dalam kegiatan pembelajaran daring biologi, dengan capaian tertinggi siswa menganggap e-learning mudah untuk digunakan. Namun untuk kegiatan diskusi sebagai salah satu indikator dari aspek kebermanfaatan, siswa merasa bahwa e-learning kurang tepat sebagai sarana diskusi sehingga e-learning masih perlu dikembangkan lagi.

Item Type: Artikel Umum
Keyword: pandemi covid-19, e-learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi)
Depositing User: S.Pd. M.Pd Much Fuad Saifuddin
Date Deposited: 11 Feb 2023 04:44
Last Modified: 11 Feb 2023 04:44
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/39737

Actions (login required)

View Item View Item