PELAKSANAAN PROGRAM KULIAH KERJA NYATA KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 4 SD NEGERI 2 NGADIMULYO

Hakim, Lukman (2023) PELAKSANAAN PROGRAM KULIAH KERJA NYATA KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 4 SD NEGERI 2 NGADIMULYO. [Laporan KKN] (Submitted)

[thumbnail of Laporan Akhir_Lukman Hakim_compressed.pdf] Text
Laporan Akhir_Lukman Hakim_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Program Kampus Mengajar merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang berupa asistensi mengajar untuk memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran pada jenjang Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Pertama di berbagai desa atau kota. Salah satunya di SD Negeri 2 Ngadimulyo, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
Pada program ini, mahasiswa yang terlibat memiliki tanggung jawab dalam membantu pihak sekolah pada proses mengajar yaitu peningkatan literasi dan numerasi, membantu adaptasi teknologi, membantu administrasi sekolah, serta turut membantu pembentukan karakter pelajar pancasila.
Hasil dari Program ini yakni sebagai penanaman empati, simpati dan kepekaan sosial pada diri mahasiswa terhadap permasalahan kehidupan masyarakat yang ada di sekitarnya terutama bidang pendidikan, mengasah keterampilan dan problem solving dalam bekerja bersama lintas bidang ilmu dan ragam asal mahasiswa, mengembangkan wawasan, karakter dan soft skills mahasiswa, dan meningkatkan peran serta kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional.

Kata Kunci : Kampus Mengajar, Angkatan 4, Merdeka belajar

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-Indonesian Letters (S1-Sastra Indonesia)
Depositing User: Lukman Hakim
Date Deposited: 22 Feb 2023 07:03
Last Modified: 22 Feb 2023 07:03
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/40088

Actions (login required)

View Item View Item