Utami, Endah and Huda, Nisrina Nafi'atul (2020) Optimalisasi performa majelis ekonomi dan kewirausahan Pimpinan Cabang Aisyiyah Kraton Yogyakarta. In: Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan.
Text
5234-12372-1-PB.pdf Download (249kB) |
Abstract
Tidak dapat dipungkiri, terjadinya pandemi COVID-19 saat ini telah merubah perilaku
konsumen dalam melakukan transaksi jual beli secara drastis. Perubahan-perubahan tersebut
yang diantaranya berkaitan dengan mekanisme pembelian, preferensi produk, preferensi
waktu, dan lain-lain mempengaruhi berbagai sektor bisnis di banyak lini, salah satunya adalah
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Melihat tren jumlah UMKM yang terus naik
setiap tahunnya, diiringi dengan peningkatan kontribusi yang diberikan terhadap GDP
Indonesia serta tingginya angka penyerapan tenaga kerja yang dihasilkan, terganggunya proses
bisnis UMKM di berbagai wilayah di Indonesia akibat pandemi COVID-19 saat ini tentu akan
mengancam perekonomian negara. Oleh sebab itu, maka pengabdian ini dilakukan untuk
memperbaiki situasi dengan cara memberikan sosialisasi dan pelatihan berkaitan dengan
perilaku konsumen dan digital marketing. Pengabdian ditujukan kepada para anggota Majelis
Ekonomi dan Kewirausahaan PCA Kraton Yogyakarta. Pemilihan objek serta lokasi
pengabdian ini didasarkan pada besarnya proporsi wanita sebagai penggerak serta pelaku aktif
UMKM di Indonesia. Dengan memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada para anggota
Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan PCA Kraton Yogyakarta, ilmu-ilmu tersebut dapat
dibagikan lagi kepada wanita-wanita pelaku UMKM di sekitarnya. Selain itu, ilmu dan
keahlian yang diberikan pada pengabdian kali ini, yaitu tanggal 29-30 Agustus 2020 dan 6
September 2020, juga diharapkan mampu meningkatkan performa Majelis Ekonomi dan
Kewirausahaan PCA Kraton Yogyakarta itu sendiri dalam menjalankan berbagai kegiatannya.
Selain luaran praktis yang telah disebutkan di atas, pengabdian ini juga diharapkan mampu
menghasilkan luaran berupa publikasi artikel ilmiah pada jurnal terakreditasi nasional serta
menjadi bahan ajar pada mata kuliah kewirausahaan.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keyword: | UMKM, womenpreneur, perilaku konsumen, digital marketing. |
Subjects: | T Technology > TX Home economics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri) |
Depositing User: | Handi Dharmawan |
Date Deposited: | 28 Mar 2023 04:16 |
Last Modified: | 28 Mar 2023 04:16 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/41680 |
Actions (login required)
View Item |