Peningkatan Kompetensi Manajerial dan Kelembagaan SDM Baitul Tamwil Muhammadiyah pada Jaringan Koperasi Syariah Muhammadiyah Yogyakarta

Gumelar, Bagus and Solihudin, Ahmad Rizal and Rahmi, Mustika Peningkatan Kompetensi Manajerial dan Kelembagaan SDM Baitul Tamwil Muhammadiyah pada Jaringan Koperasi Syariah Muhammadiyah Yogyakarta. In: Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of HASIL CEK_Gumelar_Koperasi Syariah_ Kelembagaan_ Manajerial_ Training of Trainer (1).pdf] Text
HASIL CEK_Gumelar_Koperasi Syariah_ Kelembagaan_ Manajerial_ Training of Trainer (1).pdf

Download (3MB)
[thumbnail of PEER REVIEW_Gumelar_Koperasi Syariah_ Kelembagaan_ Manajerial_ Training of Trainer (1).pdf] Text
PEER REVIEW_Gumelar_Koperasi Syariah_ Kelembagaan_ Manajerial_ Training of Trainer (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan FGD Pra-kegiatan yang dilakukan oleh Tim Pengabdian dengan Pimpinan JKSM
Kota Yogyakarta didapatkan beberapa masalah yang ditemui dalam pengelolaan dan manajemen
Baitul Tamwil Muhammadiyah (BTM) anggota Jaringan Koperasi Syariah Muhammadiyah
(JKSM) Kota Yogyakarta. Hampir seluruh anggota JKSM Kota Yogyakarta menghadapi
problem yang kurang lebih serupa dan sama-sama terdampak pandemi Covid-19. Setelah melalui
masa yang berat dua tahun terakhir, disadari bahwa BTM anggota JKSM Kota Yogyakarta mesti
berbenah pada tahun 2022. Permasalahan yang dihadapi seperti: bisnis koperasi kebanyakan
masih di bawah skala ekonomi, lemah dalam aspek bisnis mulai dari permodalan, manajemen,
akses pasar, sulit akses pada lembaga keuangan, profesionalisme sumber daya manusia koperasi
masih rendah sulit bersaing di pasar. Jika disimpulkan secara garis besar, terdapat dua masalah
utama yang dihadapi oleh para anggota JKSM Kota Yogyakarta yaitu pengelolaan manajemen
koperasi dan kualitas dan kapasitas dari SDM baik anggota maupun pengurus koperasi.
Pengabdian ini ditujukan untuk menjadi pelaksana dari solusi yang perlu dilakukan. Bentuk dari
kegiatan pengabdian ini secara garis besar adalah menopang aktifitas pada Unit PPM UAD.
Kegiatan inti dari pengabdian in adalah pelatihan dan konsultasi. Kegiatan pelatihan yang
dilakukan menyasar pada pengurus, pengelola, dan pengawas dan angggota. Permasalahan utama
yang dihadapi koperasi adalah kurangnya kompetensi SDM terkait kelembagaaan dan manajerial
koperasi. Pelaksanaan kegiatan PPM UAD dikelompokkan menjadi tiga tahapan yaitu persiapan,
produksi, dan evaluasi (pasca program). Dampak yang dihasilkan pada program pengabdian ini
adalah koperasi pada JKSM memiliki peraturan khusus sebagai landasan hukum internal
operasional organisasi koperasi dan dapat mengidentifikasi, menganalisis, menghitung, dan
mengelola potensi risiko usaha koperasi agar tercipta koperasi yang handal dan mampu
meningkatkan keunggulan bersaing, peningkatan produktifitas, manajemen dan tata kelola yang
baik dan berkelanjutan.
Kata kunci : Koperasi Syariah; Kelembagaan; Manajerial; Training of Trainer

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisi / Prodi: Faculty of Economics (Fakultas Ekonomi) > S1-Management (S1 Manajemen)
Depositing User: Bagus Gumelar
Date Deposited: 08 Apr 2023 03:45
Last Modified: 08 Apr 2023 03:45
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42694

Actions (login required)

View Item View Item