Pentingnya Kecerdasan Spiritual bagiSelf-Regulated Learning Siswa SMA

Indrayani, Fifi and Yuzarion, Yuzarion and Hidayah, Nurul (2021) Pentingnya Kecerdasan Spiritual bagiSelf-Regulated Learning Siswa SMA. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK - Hidayah Nurul - Siswa SMA Self Regulated Learning Kecerdasan Spiritual.pdf] Text
HASIL CEK - Hidayah Nurul - Siswa SMA Self Regulated Learning Kecerdasan Spiritual.pdf

Download (1MB)

Abstract

Self-regulated learning penting bagi siswa untuk proses pembelajaran dan tujuan pembelajaran
yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris bagaimana kecerdasan
spiritual memprediksi self-regulated learning pada siswa SMA dikota Maluku Utara
menggunakan teknik regresi linier terhadap 123 partisipan yang terpilih berdasarkan purposive
random sampling pengukuran dilakukan menggunakan 20 aitem skala kecerdasan spiritual
(koefisien α Cronbach = 0,83) dan 22 aitem skala self-regulated learning g (koefisien α Cronbach =
0,96) Hasil analisa data menunjukkan nilai koefisien regresi (t) sebesar 15,422 dengan taraf
signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05) yang berarti bahwa kecerdasan spiritual dapat memprediksi
self-regulated learning bagi siswa SMA dengan sumbangan efektif sebesar 88,4%. persen.

Item Type: Artikel Dosen
Keyword: Siswa SMA; Self-Regulated Learning; Kecerdasan Spiritual
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S2-Master of Psychology (S2-Psikologi)
Depositing User: Nurul Hidayah Hamid
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:41
Last Modified: 10 Apr 2023 01:41
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42739

Actions (login required)

View Item View Item