Upaya Mengurangi Prokrastinasi Akademik Melalui Bimbingan Klasikal Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 7 Yogyakarta

Prasetiawan, Hardi and Dhea Dewinta, Heidi (2022) Upaya Mengurangi Prokrastinasi Akademik Melalui Bimbingan Klasikal Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 7 Yogyakarta. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK_Dewinta, Prasetiawan_Bimbingan klasikal, problem based learning, prokrastinasi akademik.pdf] Text
HASIL CEK_Dewinta, Prasetiawan_Bimbingan klasikal, problem based learning, prokrastinasi akademik.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Penelitian tindakan pada hakikatnya merupakan rangkaian "riset-tindakan" yang dilakukan dalam rangkaian guna memecahkan masalah. Penelitian ini mengkaji masalah prokrastinasi akademik peserta didik yang masih tinggi. Selanjutnya diberikan tindakan berupa penerapan layanan bimbingan klasikal model Problem based learning (PBL). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 7 Yogyakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 30 siswa mengalami masalah terkait prokrastinasi akademik. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu diperoleh pengurangan nilai yang signifikan, dengan hasil rata-rata pra siklus 67%, siklus I: 61 %, siklus II: 43%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal model Problem based learning (PBL) dalam upaya mengurangi prokrastinasi akademik peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta terdapat adanya pengurangan prokrastinasi akademik peserta didik.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Hardi Prasetiawan
Date Deposited: 18 Apr 2023 04:01
Last Modified: 18 Apr 2023 04:01
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42876

Actions (login required)

View Item View Item