ANALISIS PENGENDALIAN MUTU BUBUK TEH HITAM ORTHODOX BERDASARKAN PARAMETER KADAR AIR DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA VIII KEBUN MALABAR, KABUPATEN. BANDUNG, PROVINSI. JAWA BARAT

Gunawan, S.Agung (2023) ANALISIS PENGENDALIAN MUTU BUBUK TEH HITAM ORTHODOX BERDASARKAN PARAMETER KADAR AIR DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA VIII KEBUN MALABAR, KABUPATEN. BANDUNG, PROVINSI. JAWA BARAT. [Laporan KP]

[thumbnail of 2000033008_S.Agung Gunawan_Laporan Kerja Praktik.docx] Text
2000033008_S.Agung Gunawan_Laporan Kerja Praktik.docx

Download (20MB)

Abstract

PT. Perkebunan Nusantara VIII Kebun Malabar merupakan perusahaan yang mengolah teh hitam menggunakan sitem pengolahan orthodox. Pada tahap produksi teh dilakukan beberapa tahap pengendalian mutu salah satunya pengukuran kadar air. Kadar air merupakan salah satu parameter yang sangat penting untuk menentukan kualitas bahan pangan, karena kadar air teh hitam mempengaruhi mutu teh hitam berupa kenampakan (Appearance), air seduhan (Liquor), dan ampas. .Pengujian kadar air digunakan alat Moisture Analyzer dengan memasukan sampel bubuk teh hitam sebanyak 5 g kemudian diukur dan diamati kadar airnya.
Berdasarkan pengujian kadar air teh hasil sortasi kering dengan metode yang telah dilakukan di PT Perkebunan Nusantara VIII kebun Malabar, diketahui hasil nilai uji kadar air teh hitam di PTPN VIII Kebun Malabar yang dilakukan selama 20 hari terdapat beberapa penyimpangan kadar air dengan penyimpangan terbanyak pada jenis teh DUST III dan BM dengan jumlah persentase penyimpangan 20%, BP dengan 15% penyimpangan, serta BOP, BOPF, DUST, BT, dan FANN II dengan persentase penyimpangan 5%.
Penyebab ketidaksesuaian hasil uji kadar air terdapat pada proses pengeringan dan pelayuan teh hitam. Faktor mesin menjadi penyebab utama ketidaksesuaian kadar air seperti suhu pengeringan dan pelayuan tidak stabil, kurangnya maintenance mesin, mesin terlalu tua, kebocoran mesin pengering, trays terlalu cepat, lama waktu pengeringan, dan pengaturan suhu inlet dan outlet.

Kata Kunci: kadar air, mutu teh, teh hitam, teh orthodox

Item Type: Laporan KP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: S Agung Gunawan
Date Deposited: 31 Jul 2023 01:46
Last Modified: 31 Jul 2023 01:46
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/43744

Actions (login required)

View Item View Item