ANALISIS CEMARAN LOGAM BERAT TIMBAL DAN MERKURI PADA KACANG-KACANGAN DAN BERAS DI WILAYAH PROVINSI JAWA BARAT

Setyawati, Lianita (2023) ANALISIS CEMARAN LOGAM BERAT TIMBAL DAN MERKURI PADA KACANG-KACANGAN DAN BERAS DI WILAYAH PROVINSI JAWA BARAT. [Laporan KP] (Unpublished)

[thumbnail of KP_2000033011_ANALISIS CEMARAN LOGAM BERAT TIMBAL DAN MERKURI PADA KACANG-KACANGAN DAN BERAS DI WILAYAH PROVINSI JAWA BARAT.pdf] Text
KP_2000033011_ANALISIS CEMARAN LOGAM BERAT TIMBAL DAN MERKURI PADA KACANG-KACANGAN DAN BERAS DI WILAYAH PROVINSI JAWA BARAT.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of KP_2000033011_ISI LAPORAN.pdf] Text
KP_2000033011_ISI LAPORAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB)

Abstract

Keamanan pangan merupakan kondisi dan upaya pencegahan pangan dari cemaran biologis, kimia dan benda yang mengganggu, merugikan dan membahayakan kesehatan. Cemaran logam berat pada bahan pangan dapat menyebabkan gangguan kesehatan dalam jangka yang panjang dan dapat menyebabkan penyakit seperti kanker, gagal ginjal dan kerusakan hati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat cemaran logam berat timbal dan merkuri pada kacang-kacangan dan beras. Metode penelitian ini menggunakan parameter pengujian logam berat timbal dan merkuri pada kacang-kacangan dan beras dengan menggunakan metode Inductively Couple Plasma-Mass (ICP-MS) untuk pengujian logam berat timbal dan alat tes kit untuk pengujian logam berat timbal dan merkuri. Sampel yang digunakan pada pengujian ini terdiri dari 3 sampel kacang hijau, 3 sampel kacang kedelai, 3 sampel kacang tanah dan 6 sampel beras untuk di uji cemaran logam berat timbal. 2 sampel kacang hijau, 2 sampel kacang tanah dan 3 sampel beras untuk di uji cemaran logam berat merkuri. Hasil dari penelitian ini, terdapat sekitar 13,3% sampel mengandung timbal, sampel tersebut adalah sampel kacang kedelai dan kacang tanah dengan kadar timbal sebanyak 5 ppb. Tingkat cemaran logam berat merkuri pada kacang-kacangan dan beras sebesar 0%. Kesimpulan penelitian ini adalah tidak ada cemaran logam berat merkuri pada kacang-kacangan dan beras, namun terdapat 13,3% sampel mengandung logam berat timbal dengan kadar 5 ppb dan masih berada dalam dibawah batas aman kandungan logam berat.

Item Type: Laporan KP
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: Lianita Setyawati
Date Deposited: 08 Aug 2023 01:35
Last Modified: 08 Aug 2023 01:35
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/43850

Actions (login required)

View Item View Item