MODEL KONSELING KELOMPOK EKSISTENSIAL UNTUK MENGEMBANGKAN ACADEMIC HARDINESS

Partini, Siti and Setyowati, Aprilia (2022) MODEL KONSELING KELOMPOK EKSISTENSIAL UNTUK MENGEMBANGKAN ACADEMIC HARDINESS. UNSPECIFIED. UNSPECIFIED.

[thumbnail of Final_Laporan_Akhir_Penelitian_Internal_2022_60120691.pdf] Text
Final_Laporan_Akhir_Penelitian_Internal_2022_60120691.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mahasiswa merupakan peserta didik di tingkat perguruan tinggi menjalani masa perkuliahan

dengan berbagai tantangan belajar dan tugas yang harus dihadapi. Salah satu tantangan yang dihadapi adalah situasi pandemi covid-19 yang menyebabkan perubahan pola perkuliahan menjadi daring dan hybrid. Diperlukan kekuatan positif yang dapat membantu mahasiswa untuk bisa menghadapi berbagai tantangan dalam masa studi, salah satunya adalah academic hardiness. Academic hardiness merupakan kepribadian yang tangguh dalam berbagai kendala terutama stress yang meliputi aspek komitmen, tantangan, dan kontrol. Skala dikembangkan mengacu pada 3 aspek hardiness akademik yaitu komitmen, tantangan, dan control. Academic hardiness merupakan variabel yang harus dimiliki oleh mahasiswa guna mencapai prestasi ketika studi. Skala yang dikembangkan dianalisis menggunakan Rach Model. Hasil analisis menyatakan 17 item yang dikembangkan terdapat beberapa catatan dan perlu direvisi. Tujuan penelitian menginformasikan kondisi Academic hardiness mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan pasca pandemi covid 19. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan tujuan mendapatkan data statistik tentang tingkat hardiness academic mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling UAD. Populasi penelitian sejumlah 152 merupakan mahasiswa aktif tahun ajaran 2019-2021. Setelah mendapatkan data mengenai tingkat academic hardiness mahasiswa, peneliti akan menyusun sebuah model kerangka konseling guna mengembangkan academic hardiness pada penelitian tahun ke II. Hasil penelitian menunjukkan tingkat hardiness akademik mahasiswa sebesar 89,5% berada pada katagori tinggi, 10,5% berada pada katagori sedang, dan 0% berada pada katagori rendah. Berdasarkan hasil penelitian, direkomendasikan agar peneliti selanjutnya mengembangkan model konseling untuk mengembangkan Academic hardiness mahasiswa khususnya yang masih berada pada katagori sedang. Luaran yang ditargetkan pada penelitian ini adalah publikasi HKI Intrumen Academic Hardines Berbasis Rasch Model dan artikel ilmiah di jurnal nasional terakreditasi Sinta 4 (luaran wajib) yaitu Indonesian Journal of Education Counseling. Penelitian ini memiliki Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT) 2 dengan target TKT 3.

Item Type: Monograph (UNSPECIFIED)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: M.Pd Amien Wahyudi
Date Deposited: 18 Aug 2023 02:33
Last Modified: 18 Aug 2023 03:57
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/46447

Actions (login required)

View Item View Item