PENINGKATAN LAYANAN AKADEMIK PORTAL UAD MELALUI EVALUASI DAN PERANCANGAN UI/UX MENGGUNAKAN PENDEKATAN DESIGN THINKING

Azhari, Imam and Mardhia, Murein Miksa and Handayaningsih, Sri and Noviyanto, Fiftin and Supriyanto, Supriyanto (2023) PENINGKATAN LAYANAN AKADEMIK PORTAL UAD MELALUI EVALUASI DAN PERANCANGAN UI/UX MENGGUNAKAN PENDEKATAN DESIGN THINKING. Technical Report. Prodi Sistem Informasi UAD dan LPPM UAD. (Unpublished)

[thumbnail of Final_Laporan_Akhir_Penelitian_Internal_2022_60010367.pdf] Text
Final_Laporan_Akhir_Penelitian_Internal_2022_60010367.pdf

Download (22MB)

Abstract

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengembangkan secara mandiri sistem yang mendukung aktivitas akademik dosen dan mahasiswa. Namun pengukuran terhadap indikator kemudahan penggunaan sistem dari sisi antarmuka pengguna (user interface, UI) maupun tata letak halaman (layout) belum dilakukan serta masih memungkinkan terdapat celah tidak optimal. Hal tersebut diketahui dari jumlah input pada beberapa sistem transaksi yang tidak lengkap maupun masuknya sejumlah komplain dari pengguna yang disampaikan melalui forum lain. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh permasalahan proses pengembangan sistem di UAD yaitu desain UI yang tidak memiliki standar visual sehingga pengembangan tampilan sistem informasi sangat tergantung ketersediaan sumber daya yang dapat diakses oleh programmer.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemudahan layanan secara objektif dan menyeluruh, sehingga dapat menemukan potensi kendala dan kesulitan pengguna. Selanjutnya mengembangkan standar visual antarmuka sistem informasi untuk meningkatkan kemudahan dan kenyamanan pengguna yaitu dosen dan mahasiswa.
Penelitian ini mengadopsi tahapan yang ada pada metode design thinking yaitu: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Analisis data dikumpulkan dilakukan pada fase Define. Tahapan selanjutnya yaitu menggali ide dan solusi sebanyak mungkin pada fase ideate. Ide yang telah terjaring diwujudkan dalam bentuk purwarupa pada fase Prototype. Evaluasi dilakukan dengan cara pengujian untuk mendapatkan umpan balik dari pengguna pada fase Test.
Luaran yang ditargetkan dalam penelitian ini adalah purwarupa/prototype rancangan visual sistem informasi. Produk purwarupa ditargetkan sudah didemonstrasikan pada lingkungan sebenarnya, sehingga masuk dalam kategori TKT 7. Luaran lainnya yaitu naskah Kebijakan Desain Sistem di UAD yang selanjutnya dapat dijadikan acuan kerja dalam pengembangan sistem informasi.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi)
Depositing User: S.Si., M.C Imam Azhari
Date Deposited: 19 Aug 2023 01:29
Last Modified: 19 Aug 2023 01:29
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/47310

Actions (login required)

View Item View Item