PENGENDALIAN MUTU PADA PRODUK ABON AYAM SURYA HOME INDUSTRY DI YOGYAKARTA

Fathonah, Onny (2022) PENGENDALIAN MUTU PADA PRODUK ABON AYAM SURYA HOME INDUSTRY DI YOGYAKARTA. [Laporan KP] (Unpublished)

[thumbnail of KP_1900033116_PENGENDALIAN MUTU PADA PRODUK ABON AYAM SURYA HOME INDUSTRY DI YOGYAKARTA.pdf] Text
KP_1900033116_PENGENDALIAN MUTU PADA PRODUK ABON AYAM SURYA HOME INDUSTRY DI YOGYAKARTA.pdf

Download (926kB)
[thumbnail of KP_1900033116_ISI LAPORAN.pdf] Text
KP_1900033116_ISI LAPORAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Abon merupakan salah satu bentuk olahan yang umumnya dibuat dari daging yang disuwir-suwir dan ditambahkan bumbu kemudian dilakukan penggorengan dan pengepresan. Pengolahan abon meliputi perebusan, penyuwiran, pencampuran bumbu, menggoreng dan mengeringkan abon. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengendalian mutu produk abon ayam yang dilakukan dengan metode analisis diagram pareto untuk mendapatkan cacat dominan dan analisis diagram fishbone untuk mengetahui sebab masalah kecacatan dominan pada produk abon ayam. Produk yang tidak sesuai dengan standar saat produksi dan setelah produksi dapat dianggap sebagai produk cacat. Surya Home Industry memiliki cacat setiap produksi yang dihasilkan. Produk cacat seperti gosong, remuk, menggumpal, warna pucat, dan sisa tulang pada abon. Analisis diagram pareto menunjukan kecacatan produk dominan gosong lebih banyak terjadi dan kecacatan produk disebabkan oleh faktor manusia, material, mesin, dan material yang ada dalam produksi. Dapat disimpulkan bahwa pengendalian mutu produk abon ayam Surya Home Industry dilihat dari mutu bahan baku, mutu porduk jadi dan jenis kecacatan yang terjadi adalah gosong yang disebabkan oleh berbagai faktor.

Kata Kunci : Diagram Fishbone, Diagram Pareto, Kecacatan Produk, dan Pengendalian Mutu.

Item Type: Laporan KP
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: Onny Unifahtun Fathonah
Date Deposited: 23 Aug 2023 08:30
Last Modified: 23 Aug 2023 08:30
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/49184

Actions (login required)

View Item View Item