EVALUASI PENERAPAN GOOD MANUFACTURING PRACTICES (GMP) PADA PRODUKSI BAKPIA DI CV SEJAHTERA BERSAMA MILENIAL YOGYAKARTA

Amriyanti, Nur Hafizah (2022) EVALUASI PENERAPAN GOOD MANUFACTURING PRACTICES (GMP) PADA PRODUKSI BAKPIA DI CV SEJAHTERA BERSAMA MILENIAL YOGYAKARTA. [Laporan KP] (Unpublished)

[thumbnail of KP_Nur Hafizah Amriyanti_1900033180.pdf] Text
KP_Nur Hafizah Amriyanti_1900033180.pdf

Download (2MB)

Abstract

Good manufacturing practices (GMP) merupakan prinsip keamanan pangan bagi industri Rumah Tangga (IRT) agar dapat menghasilkan produk pangan yang aman dan bermutu sesuai dengan tuntutan konsumen. Pengolahan bakpia di CV Sejahtera Bersama Milenial dilakukan secara manual dengan tenaga manusia sehingga dalam pengolahan bakpia memungkinkan terjadinya kontaminasi. Tujuan dari kerja praktik ini yaitu untuk mengetahui penerapan GMP pada produksi bakpia di CV Sejahtera Bersama Milenial. Adapun metode analisis pengambilan data yang digunakan yaitu check list, observasi partisipatif, wawancara, studi pustaka, dokumentasi, dan diagram fish bone, dengan mengacu pada kriteria yang ditetapkan oleh Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan No. HK.03.1.23.04.12.2206 Tahun 2012 tentang Cara Produksi Pagan yang Baik untuk Industri Rumah Tangga. CV Sejahtera Bersama Milenial sudah memenuhi 84% kriteria penerapan GMP, adapun kriteria yang terpenuhi dengan baik yaitu lokasi dan lingkungan produksi, suplai air, pengawasan oleh penanggungjawab, penarikan produk, pencatatan dan dokumentasi, dan pelatihan karyawan. Kriteria yang mendekati hampir baik yaitu bangunan dan fasilitas, peralatan produksi, fasilitas dan kegiatan higiene dan sanitasi, pemeliharaan dan program higiene sanitasi, penyimpanan, pengendalian proses, pelabelan pangan. Berdasarkan pemeriksaan sarana produksi IRT, CV Sejahtera Bersama Milenial berada di level IV dengan kategori ketidaksesuaian serius pada kriteria peralatan produksi, fasilitas dan kegiatan higiene dan sanitasi, kesehatan dan higiene karyawan, pemeliharaan dan program higiene dan sanitasi, pengendalian proses, pelabelan pangan.

Keywords : GMP, IRT.

Item Type: Laporan KP
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
T Technology > TS Manufactures
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: Nur Hafizah Amriyanti
Date Deposited: 25 Sep 2023 01:19
Last Modified: 25 Sep 2023 01:19
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/50473

Actions (login required)

View Item View Item