Best Practice Literacy Culture on Teachers' and Students' Reading Interest in Kindergartens, Sukorejo District, Kendal Regency

Rasjidah, Nur and HASANAH, ENUNG Best Practice Literacy Culture on Teachers' and Students' Reading Interest in Kindergartens, Sukorejo District, Kendal Regency. [Artikel Dosen]

[thumbnail of 5824-26270-2-PB.pdf] Text
5824-26270-2-PB.pdf

Download (537kB)

Abstract

Budaya literasi membaca dan menulis merupakan hal sangat penting dalam dunia pendidikan, sebagai leadership dapat menggerakkan seluruh warga sekolah menerapkan budaya literasi. Kegiatan seperti apa yang dapat meningkatkan minat baca bagi guru dan siswa terkait dengan pelaksanaan budaya literasi serta factor-faktor pendukung apa saja agar budaya literasi dapat terlaksana dan pengaruh budaya literasi seperti apa yang dapat meningkatkan minat baca dan menulis bagi siswa. Metode penelitian fenomenologi, teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara individual, observasi dan dokumentasi, Proses analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis fenomenologi dengan aplikasi atlas. ti 8. Menerapkan suatu kebiasaan yang baik dengan membaca buku sebanyak 5 halaman di setiap harinya, memberikan dampak positif yaitu minat baca guru meningkat dan melalui kegiatan pembiasaan membacakan buku cerita 5 menit setiap harinya sebelum masuk inti pembelajaran di mulai, adanya fasilitas pojok baca dan gerakan baca buku bersama dapat mempengaruhi minat baca siswa. dan adanya kegiatan literasi menulis yang dilakukan siswa dan hasilnya ditempel di mading.

Item Type: Artikel Dosen
Keyword: budaya literasi, tertarik membaca, siswa, TK
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Master (Magister) > Magister Pendidikan
Depositing User: Dr Enung Hasanah
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:04
Last Modified: 18 Dec 2023 02:04
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/53385

Actions (login required)

View Item View Item