EVALUASI PENERAPAN SANITASI DAN HIGIENE PADA UMKM DIPO BAKERY BERDASARKAN GMP (GOOD MANUFACTURING PRACTICE) DAN SSOP (SANITATION STANDARD OPERATING PROCEDURES)

Putri, Devi (2021) EVALUASI PENERAPAN SANITASI DAN HIGIENE PADA UMKM DIPO BAKERY BERDASARKAN GMP (GOOD MANUFACTURING PRACTICE) DAN SSOP (SANITATION STANDARD OPERATING PROCEDURES). [Laporan KP] (Unpublished)

[thumbnail of KP_1900033078_JUDUL.pdf] Text
KP_1900033078_JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of KP_1900033078_ISI LAPORAN.pdf] Text
KP_1900033078_ISI LAPORAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dipo Bakery merupakan salah satu industri di kabupaten Bantul Yogyakarta yang bergerak di bidang pangan khususnya pada pengolahan roti. Sebagai industri pengolahan pangan Dipo Bakery harus menerapkan standar keamanan pangan sesuai dengan standar yang berlaku, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memperhatikan penerapan sanitasi dan higiene. Evaluasi penerapan sanitasi dan higiene sangat penting dilakukan karena sebagian besar kasus keracunan makanan disebabkan oleh kondisi sanitasi dan higiene yang kurang memadai serta sanitasi dan higiene pekerja juga perlu diperhatikan karena pekerja merupakan sumber potensial dalam menghilangkan cemaran. Oleh sebab itu, sanitasi dan higiene menjadi tolak ukur teratas dalam menilai perusahaan pangan dalam menangani produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan sanitasi dan higiene di Dipo Bakery berdasarkan GMP dan SSOP dengan acuan berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI tentang “Pedoman Cara Produksi yang Baik untuk Makanan” dan Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor HK.03.1.23.04.12.2207 tentang "Tata Cara Pemeriksaan Sarana Produksi Pangan Industri Rumah Tangga". Metode pengumpulan data penelitian ini adalah terlibat langsung pada proses produksi, pengumpulan data secara langsung berupa wawancara dan observasi kemudian pengumpulan data secara tidak langsung berupa studi literatur dan menggunakan diagram fish bone untuk menganalisis sebab permasalahan pada penerapan sanitasi dan higiene. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sanitasi dan higiene Dipo Bakery berdasarkan GMP dan SSOP sudah cukup baik namun masih ditemukan beberapa permasalahan yang perlu diperbaiki seperti pada keamanan air, pembersihan alat, dan pencegahan kontaminasi silang. Selain itu juga sangat diperlukan peran pengawasan dari pihak perusahaan dan kesadaran dari para karyawan untuk selalu menerapkan sanitasi dan higiene.

Item Type: Laporan KP
Keyword: Roti, sanitasi dan higiene, Good Manufacturing Practice, Sanitation Standard Operating Procedures, Produksi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: - Devi Tiara Putri
Date Deposited: 13 Jan 2024 05:27
Last Modified: 13 Jan 2024 05:27
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/53980

Actions (login required)

View Item View Item