EVALUASI DAN USULAN PERBAIKAN PROSES PRODUKSI COKELAT BATANG DI GRIYA COKELAT NGLANGGERAN CV. GRIYA COKELAT NGLANGGERAN

Larasati, Widya (2022) EVALUASI DAN USULAN PERBAIKAN PROSES PRODUKSI COKELAT BATANG DI GRIYA COKELAT NGLANGGERAN CV. GRIYA COKELAT NGLANGGERAN. [Laporan KP] (Unpublished)

[thumbnail of KP_1900033057_JUDUL.pdf] Text
KP_1900033057_JUDUL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[thumbnail of KP_1900033057_ISI LAPORAN.pdf] Text
KP_1900033057_ISI LAPORAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

CV. Griya Cokelat Nglanggeran merupakan salah satu Inovasi Desa yang
dilakukan masyarakat Desa Nglanggeran yang berasal dari unsur kelompok tani,
kelompok Kuliner Purbarasa, Pokdarwis Nglanggeran dan juga pemuda. Mendapat dukungan dari Dinas Perhutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Gunungkidul, Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam (BPTBA) LIPI Yogyakarta dan Bank Indonesia kantor Cabang Yogyakarta. Menciptakan inovasi pengolahan kakao dari hulu sampai hilir dilakukan oleh masyarakat Desa. Griya Cokelat Nglanggeran diresmikan oleh Raja Jogja sekaligus Gubernur D.I.Yogyakarta Sri Sultan HB X pada 2 Desember 2016. Yang terletak di Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862.
Evaluasi tempering dilakukan untuk mengetahui kadar lemak yang didapatkan,
teknik tempering yang baik dan benar serta suhu cokelat batangan dan evaluasi defect dilakukan untuk mengetahui kecacatan pada cokelat batang dan penyebab defect yang ada di Griya Cokelat Nglanggeran. Dalam mengevaluasi proses tempering dilakukan untuk menciptakan karakteristik yang baik pada cokelat batang seperti mudah dilepaskan dari cetakan/tidak lengket, didapatkan permukaan yang mengkilap/glossy pada cokelat batang, keras dan renyah apabila dipatahkan alias tidak lembek, serta tahan terhadap suhu kamar. Standar proses tempering yang ditetapkan CV.Griya Cokelat Nglanggeran dalam
menghasilkan cokelat batang dari proses tempering adalah menghasilkan cokelat batang dengan tekstur yang mengkilat/glossy dan ketika dipatahkan berbunyi klek.
Dalam produksi cokelat batang di CV. Griya Cokelat Nglanggeran terdapat defect pada cokelat batang yang dihasilkan dan terjadi karena beberapa hal. Penyebab terjadinya defect cokelat batang di CV.Griya Cokelat Nglanggeran berdasarkan wawancara adalah dikarenakan teknik tempering yang kurang baik yaitu proses penggilingan dan pengadukan yang kurang maksimal.

Item Type: Laporan KP
Keyword: Keyword: Cokelat Batang, Tempering, Defect
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: Widya Larasati
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:29
Last Modified: 07 Feb 2024 03:29
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/55589

Actions (login required)

View Item View Item