EVALUASI PENERAPAN SANITASI DAN HIGIENE PADA PRODUKSI JELLY GUM BERDASARKAN GOOD MANUFACTURING PRACTICES (GMP) DAN SANITATION STANDARD OPERATING PROCEDURES (SSOP) DI PT MAKMUR ARTHA SEJAHTERA KABUPATEN CIREBON JAWA BARAT PROVINSI JAWA BARAT

Saadah, Ummu Nur and ., Ibdal EVALUASI PENERAPAN SANITASI DAN HIGIENE PADA PRODUKSI JELLY GUM BERDASARKAN GOOD MANUFACTURING PRACTICES (GMP) DAN SANITATION STANDARD OPERATING PROCEDURES (SSOP) DI PT MAKMUR ARTHA SEJAHTERA KABUPATEN CIREBON JAWA BARAT PROVINSI JAWA BARAT. [Laporan KP]

[thumbnail of 1900033182-_Ummu Nur Saadah_Laporan Kp.pdf] Text
1900033182-_Ummu Nur Saadah_Laporan Kp.pdf

Download (1MB)

Abstract

PT Makmur Artha Sejahtera merupakan salah satu perusahaan di kabupaten Cirebon Jawa Barat yang bergerak di bidang makanan ringan yang dikenal dengan jelly. Sebagai perusahaan pengolahan pangan, PT Makmur Artha Sejahtera harus menerapkan standar keamanan pangan sesuai dengan strandar yang berlaku, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memperhatikan penerapan sanitasi dan higiene. Evaluasi penerapan sanitasi dan higiene sangat penting dilakukan karena sebagian besar kasus keracunan makanan disebabkan oleh kondisi sanitasi dan higiene yang kurang memadai serta sanitasi dan higiene karyawan juga perlu diperhatikan karena karyawan merupakan sumber potensial dalam menghilangkan cemaran. Oleh sebab itu, sanitasi dan higiene menjadi tolak ukur teratas dalam menilai perusahaan pangan dalam menangani produknya.
Kerja praktik ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan sanitasi dan higiene di PT Makmur Artha Sejahtera berdasarkan GMP dan SSOP dengan acuan berdasarkan Keputusan Mentri Kesehatan RI tentang “Pedoman Cara Produksi yang Baik untuk Makanan” dan Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor HK.03.1.23.04.12.2206 tentang “Tata Cara Pemeriksaan Sarana Produksi Pangan Industri Rumah Tangga”. Metode pengumpulan data kerja praktik ini adalah terlibat langsung pada proses produksi, pengumpulan data secara langsung berupa wawancara dan observasi kemudian pengumpulan data secara tidak langsung berupa studi literatur dan menggunakan diagram fish bone untuk menganalisis sebab permasalahan pada penerapan sanitasi dan higiene. Hasil kerja praktik menunjukan bahwa penerapan sanitasi dan higiene PT Makmur Artha Sejahtera berdasarkan GMP dan SSOP sudah cukup baik namun masih ditemukan beberapa permasalahan yang perlu diperbaiki seperti tata letak ruang produksi dan penyimpanan bahan baku tidak dirancang dengan baik, karyawan kurang disiplin seperti tidak memakai sarung tangan. Selain itu juga sangat diperlukan peran pengawasan dari pihak perusahaan dan kesadaran dari para karyawan untuk selalu menerapkan sanitasi dan higiene.
Kata kunci : Jelly gum, sanitasi dan higiene, Good Manufacturing Practice, Sanitatation Standard Operating Procedures, Produksi.

Item Type: Laporan KP
Additional Information: Laporan Kp
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: Ummu Nur Saadah
Date Deposited: 13 Mar 2024 04:31
Last Modified: 13 Mar 2024 04:31
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/60961

Actions (login required)

View Item View Item